terjemahan

12 Aplikasi dan Perangkat Penerjemahan Canggih untuk Wisatawan 2017

Bagikan ke Jejaring Sosial Favoritmu
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Apakah Anda ingin menjelajahi dunia, tetapi ketakutan menahan Anda? Apakah Anda takut terisolasi di luar negeri, tidak bisa berbicara bahasa asing? Bagaimana cara Anda berkomunikasi? Terus menebak-nebak kata? Tak usah khawatir, dan pesan tiket perjalanan Anda! Berikut adalah 12 aplikasi dan perangkat penerjemahan canggih untuk wisatawan di tahun 2017 untuk membantu Anda berkomunikasi dengan menggunakan aplikasi translator online terbaik.

Aplikasi Penerjemahan Terbaik: Google Translate

translate online

Jika membicarakan aplikasi penerjemahan, Google Translate pasti yang pertama disebut  — dalam konotasi positif. Aplikasi ini mendukung banyak bahasa daripada aplikasi lain, dan kumpulan fitur lengkapnya sangat cocok digunakan untuk para wisatawan.

Bahasa: Google Translate memberikan tingkat dukungan yang berbeda untuk 103 bahasa:

  • Bahasa untuk diterjemahkan: 103 bahasa
  • Dukungan offline: 52 bahasa
  • Fitur Penerjemahan Video Real-Time: 30 bahasa
  • Mode Kamera: 37 bahasa
  • Fitur penerjemahan suara ke suara: 32 bahasa
  • Fitur penerjemahan dari tulisan tangan: 93 bahasa

Lihat fitur dan bahasa yang didukung di sini.

Tips: Gunakan kamera telepon Anda untuk menerjemahkan petunjuk jalan, menu dan konten tertulis lainnya. Terjemahkan pesan teks dan situs dengan dukungan offline yang berlaku untuk beberapa bahasa, ditambah integrasi sempurna dengan sistem operasi Android.

Baru-baru ini, Google menambahkan sistem terjemahan mesin neural (NMT) untuk meningkatkan keakuratan pada beberapa bahasa.

Semua ini gratis. Semua yang gratis itu menyenangkan.

Cara mendapatkannya: Download di App Store atau Google Play.

Microsoft Translator

2-t

 

 

 

 

 

Microsoft mengakui bahwa ia terus berada di posisi kedua setelah Google Translate. Tetapi semua itu berubah. Dengan update terkini, Microsoft telah berubah menjadi pesaing kuat Google Translate dengan kelebihannya yang unik.

Tips: Microsoft Translator memiliki aplikasi gratis untuk Windows, iOs, dan Android. Anda menginginkan aplikasi penerjemah untuk Apple Watch? Microsoft Translator adalah jawabannya. Aplikasi ini dapat menerjemahkan suara, teks, dan gambar.

Microsoft Translator tidak memiliki fitur penerjemah video real-time seperti Google Translate. Akan tetapi, Microsoft mengungguli Google dengan desain superior untuk mode percakapan real-time. Menurut Lifehacker, fitur ini mempermudah pengguna untuk melakukan percakapan yang natural dengan orang yang ditemui saat berwisata.

Bahasa:  Microsoft Translator hanya mendukung 60 bahasa, dan tidak semua fitur tersedia di semua bahasa. Misalnya, mode pendeteksi suara dan percakapan hanya tersedia untuk 10 bahasa.

Situs ini akan memberikan informasi tentang dukungan apa saja yang diberikan untuk bahasa tertentu.

Cara mendapatkannya:  Download di App Store atau Google Play.

Aplikasi Penerjemahan Terbaik: iTranslate Voice

3-t

Anda memiliki smartphone? ITranslate Voice menyediakan fitur penerjemahan teks ke suara dan suara ke suara untuk perangkat iOs dan juga Android.

Tips: Terjemahkan kata setelah Anda mengucapkannya. Terdapat beberapa fitur offline yang tersedia untuk bahasa tertentu. Simpan frasa yang biasa Anda gunakan dalam “daftar kosakata (phrasebook)” untuk memudahkan akses.

Bahasa: iTranslate Voice mendukung 44 bahasa dan dialek, tetapi dengan dukungan fitur yang berbeda-beda. Baca selengkapnya untuk fitur yang tersedia pada bahasa pilihan Anda di sini.

Cara mendapatkannya: Download di App Store atau Google Play.

iTranslate Voice tidak memiliki banyak fitur tambahan seperti Google Translate. Kesimpulan tersebut diambil dari peninjau berikut yang membandingkan kedua aplikasi selama bertugas sebagai relawan di kamp pengungsian. Menurut pengalamannya, iTranslate memiliki kualitas suara masuk dan keluar yang bagus. Aplikasi ini patut untuk dicoba!

Catatan penting: Berdasarkan ulasan, sepertinya terdapat masalah software antara versi terbaru aplikasi dan pendeteksi suara asli di Android. Jadi, jika aplikasi ini tidak bekerja, hubungi dukungan pelanggan sebelum Anda menghapus aplikasinya.

Aplikasi Penerjemahan Terbaik: SayHi

4-t

SayHi adalah “penerjemah universal” untuk iPhone dan Kindle yang menawarkan fitur penerjemahan suara ke suara dalam 90 bahasa dan dialek.

Tips: Anda berbicara, SayHi menerjemahkan. Aplikasi ini menjamin 95% keakuratan pendeteksi suara. Menurut LapTopMag, “Interface yang sederhana dan mudah menjadi keunggulan aplikasi ini.”

Anda juga dapat mengatur suara yang dihasilkan menjadi suara laki-laki atau wanita, dan mengatur kecepatan yang Anda inginkan.

Bahasa: SayHi mendukung 90 bahasa dan dialek, termasuk berbagai dialek Arab. Namun, beberapa bahasa hanya didukung fitur hanya teks. Situs ini akan menampilkan daftar bahasa dan fitur yang didukung.

Kekurangannya? Aplikasi ini tidak tersedia untuk Android, dan SayHi memerlukan koneksi internet.

Cara mendapatkannya: Download di App Store di sini,  atau di Amazon di sini.

Aplikasi Penerjemahan Terbaik: WayGo

5-t

Jalan-jalan keliling Asia? Waygo menerjemahkan tulisan China, Jepang dan Korea secara instan tanpa perlu terhubung ke internet.

Tips: Gunakan kamera di smartphone Anda untuk menerjemahkan tulisan dalam bahasa China, Jepang dan Korea. Fokuskan kamera, bidik dan dapatkan terjemahan!

Bahasa: Bahasa China, Jepang dan Korea ke Bahasa Inggris

How to Get It: Download di App Store di sini atau Google Play di sini.

Aplikasi Penerjemahan Terbaik: TripLingo

6-t

TripLingo menggabungkan kamus ungkapan yang interaktif dengan penerjemahan suara instan, ditambah dengan fitur wisata lain yang berguna seperti informasi darurat, konversi nilai mata uang, dan kalkulator tip.

Tips: TripLingo menggabungkan aplikasi penerjemahan dengan banyak tambahan seperti fitur pembelajaran bahasa, informasi budaya, panggilan internasional gratis dengan wi-fi dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini bahkan dapat menerjemahkan kata formal, kasual dan slang yang sering digunakan.

Butuh bantuan tambahan? Aplikasi ini dapat terhubung dengan penerjemah manusia secara langsung (dengan biaya tambahan tentunya).

Saat ini, perusahaan fokus untuk menawarkan aplikasi untuk organisasi yang seringkali membutuhkan wisata karyawan. Tetapi Anda juga dapat mendownload dan menggunakannya secara individu.

Bahasa: TripLingo mendukung lebih dari 100 negara dan menawarkan fitur penerjemahan suara instan dalam 42 bahasa.

Cara mendapatkannya: Download di App Store atau Google Play.

Aplikasi Penerjemahan Terbaik: Speak & Translate

7-t

Tips: Ini adalah aplikasi lain yang berfokus pada penerjemahan suara ke suara (tetapi juga memberikan dukungan hanya teks untuk bahasa yang kurang umum.) Secara keseluruhan aplikasi ini terintegrasi dengan iCloud, sehingga Anda dapat melihat histori terjemahan di semua perangkat Apple Anda, dan Anda dapat beralih dari satu perangkat ke tengah percakapan lain.

Hal yang perlu diperhatikan bagi wisatawan: Aplikasi ini memerlukan koneksi internet.

Bahasa: Speak & Translate menawarkan fitur penerjemahan suara ke suara untuk bahasa berikut: Arab, Basque, Catalan, China (Kanton), China (Taiwan), Ceko, Denmark, Belanda, Bahasa Inggris (Australia), Inggris (Kanada), Inggris (India), Inggris (Inggris), Inggris (Amerika Serikat), Finlandia, Prancis, Prancis (Kanada), Galisia, Jerman, Yunani, Ibrani, Hindi, Hungaria, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Moldova, Norwegia, Polandia, Portugis, Portugis (Brazil), Romania, Rusia, Slovakia, Spanyol, Spanyol (Meksiko), Swedia, Thai, Turki.

Aplikasi ini juga mendukung fitur hanya teks yang tersedia untuk bahasa tambahan. Selengkapnya di sini.

Cara mendapatkannya: Download di App Store.

Aplikasi Penerjemahan Terbaik: Papago

8-t

Berencana jalan-jalan ke Jepang, China, Korea? Anda pasti tertarik mencoba Papago, aplikasi penerjemahan yang berfokus pada penerjemahan bahasa “3 besar” negara Asia (Korea, Jepang, Mandarin) ke Bahasa Inggris.

Tips: Jika terdapat lebih dari satu hasil terjemahan kata atau frasa, Papago meminta pengguna untuk memilih di antara dua gambar berbeda untuk menentukan konteks. Fitur yang berguna untuk wisatawan termasuk mode percakapan, mode offline, dan konversi nilai mata uang otomatis.

Bahasa: Korea, China, Jepang dan Bahasa Inggris

Cara mendapatkannya:  Download di App Store atau di Google Play.

Aplikasi Penerjemahan Terbaik: Textgrabber

9-t

Textgrabber adalah aplikasi Pendeteksi Karakter Optik yang “membaca” teks dari gambar kemudian menerjemahkannya.

Tips: Banyak aplikasi lain di atas yang menawarkan penerjemahan gambar, tetapi Textgrabber punya keunggulan lain yakni membuat nomor telepon, link, alamat, acara dan lainnya mudah diklik.

Bahasa: Menawarkan 100+ lebih bahasa dengan berbagai tingkat dukungan. Temukan daftar selengkapnya di sini.

Cara mendapatkannya: Download di App Store di sini.

Perangkat Penerjemahan Baru 2017: ili

10-t

ili adalah perangkat yang dapat dipakai dengan cara dikalungkan di leher dan menerjemahkan percakapan secara real-time. Anda pasti ingat iklan memalukan ili di YouTube yang menggunakan aktor untuk menggoda gadis Jepang secara acak untuk mendapatkan ciuman.

Lupakan sisi memalukan dari iklan tersebut, karena sebenarnya konsepnya menarik.

Bahasa: Spanyol, Mandarin, dan Jepang (nantinya, tim ili akan menambahkan bahasa Prancis, Thai, Korea, Spanyol, Italia dan Arab).

Tips: Ili melabelkan dirinya sebagai perangkat penerjemah pertama yang dapat dipakai. Ringan, dan tidak memerlukan wifi dalam penggunaannya.

Akan tetapi, kemampuan penerjemah ili terbatas. Perangkat ini hanya fokus pada situasi terkait wisata seperti kosakata untuk pergi ke restoran, belanja, dan menggunakan transportasi. Dan terjemahannya adalah percakapan satu arah, jadi akan menghasilkan kesan tidak natural saat berbicara dengan orang lain.

Cara mendapatkannya: ili membuat gebrakan di konvensi teknologi pada tahun 2016, tetapi perangkat ini belum diperdagangkan. ili menyatakan bahwa mereka membuka pre order dan perangkat pertama diperkirakan akan dijual pada bulan Oktober 2017.

Perangkat Penerjemahan Baru 2017: The Pilot

11-t

Pada tahun 2016, perangkat penerjemahan yang dapat dipakai bernama “Pilot” mengguncang dunia teknologi. Perangkat ini terdiri dari dua lubang suara, satu untuk pengeras suara, dan satu lagi untuk aplikasi smartphone.

Tips: Perangkat ini memberikan terjemahan real-time langsung ke telinga Anda serta dapat digunakan sebagai earbud untuk mendengarkan musik.

Pilot tidak memerlukan akses internet tetapi Waverly Labs memberikan dukungan offline.

Jurnalis teknologi membandingkan Pilot dengan BabelFish dari novel Hitchhiker’s Guide to the Galaxy. Perbandingan tersebut terdengar sedikit berlebihan bagi saya. Atau mungkin saya yang terlalu kritis.

Bahasa: Inggris, Prancis, Spanyol, Portugis, dan Italia

Cara mendapatkannya: Pilot belum dijual, tetapi Anda dapat melakukan pre-order dari situs mereka. Perangkat ini direncanakan akan diluncurkan pada bulan Mei 2017, tetapi mungkin bisa mundur.

Perangkat Penerjemahan Baru 2017: Travis the Translator

12t

Apa yang dimaksud dengan “Babel fish” di atas? Perangkat mutakhir, terbaik, yang seharusnya menghilangkan batas bahasa selamanya?

Jawabannya adalah perangkat genggam bernama Travis the Translator. Sebuah kampanye Indiegogo yang memerlukan dana pengembangan sebesar $784.000.

Tips: Travis belum siap untuk diluncurkan. Namun jika sudah saatnya, perangkat ini mampu menerjemahkan percakapan dalam 80 bahasa, 20 bahasa di antaranya akan diberikan dukungan offline. Dan sesuai desainnya, perangkat ini memiliki ukuran segenggaman tangan.

Dan jika perangkat ini benar-benar akan dan bekerja sesuai promosi mereka, sudah dipastikan akan mengalahkan ili dan Pilot.

Bahasa: Travis mendukung 80 bahasa, semuanya tertera di halaman IndieGogo.

Cara mendapatkannya:  Anda dapat melakukan pre-order di IndieGoGo di sini. 

Secara personal, saya berharap tanggal pengiriman pada bulan September 2017 akan sukses besar. Biasanya terjadi di tanggal peluncuran untuk produk yang melakukan penggalakan dana.

Apakah Aplikasi Penerjemahan Berguna?

Aplikasi-aplikasi ini menyebut diri mereka sebagai “penerjemah universal”, tetapi ternyata tidak. Tidak sepenuhnya benar. Jika Anda harus memilih antara penerjemah manusia atau interpreter dan aplikasi penerjemahan? Sudah pasti manusia akan menghasilkan terjemahan yang lebih baik untuk dokumen Anda. Aplikasi dan perangkat penerjemahan tidak 100% akurat. Sebaiknya Anda tidak menggunakan aplikasi untuk negosiasi kesepakatan bisnis atau masalah hukum ke bahasa yang tidak Anda gunakan.

Aplikasi dibuat karena sebagian besar wisatawan tidak memiliki akses untuk menyewa interpreter. Dan kebanyakan wisatawan Amerika Serikat tidak masalah untuk mempelajari, jika ada, bahasa setempat. Bagi kita, memilih antara membuat kagum masyarakat lokal dengan kecanggihan teknologi yang kita miliki (walaupun hasil terjemahannya tidak selalu benar) dan mempermalukan diri sendiri saat berusaha berkomunikasi adalah pilihan. Jika itu masalahnya, sambut masa depan. Gunakan aplikasi!

Diterjemahkan dari Sumber: http://www.k-international.com/blog/translation-apps-2016/

Baca Juga

8 Aplikasi iOS/Android Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris

Situs Translator Online Terbaik Gratis

Microsoft Translator Tambahkan Fitur Bahasa Tamil

Apakah CAT Tools Itu?