jasa penerjemah · terjemahan

8 Aplikasi iOS/Android Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris

Di tengah-tengah hadirnya berbagai aplikasi dalam dunia keseharian kita, dan juga dalam dunia di mana perangkat ponsel cerdas telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dalam hidup kita, Anda yang ingin belajar bahasa Inggris online atau ingin menggunakan penerjemah bahasa online dapat menggunakan beberapa aplikasi populer berikut untuk belajar bahasa Inggris lewat aplikasi. Berikut beberapa aplikasi populer yang dapat Anda manfaatkan.


Rosetta Stonerosetta

Situs webhttp://www.rosettastone.eu/

iOS / Android

Harga: Gratis (untuk akun demo)

Keterangan

Rosetta Stone mungkin merupakan metode paling terkenal untuk belajar bahasa. Dibandingkan yang lain metodenya sangat unik. Aplikasi bahasa Inggris ini mengajarkan Anda bahasa Inggris dengan penjelasan dalam bahasa ibu Anda. Misalnya, jika Anda berbahasa Indonesia, Anda akan melihat penjalasan tata bahasa Inggris, atau terjemahan bahasa Indonesia dari kata-kata dalam bahasa Inggris.

Namun Rosetta Stone tidak melakukan itu, aplikasi ini mengajarkan Anda bahasa Inggris dengan bahasa Inggris.

Bagaimana aplikasi ini melakukannya?

Rosetta Stone memiliki latihan yang dirancang untuk membantu Anda mempelajari kata-kata dasar, sebelum membentuk frasa dan kalimat yang panjang.

Misalnya, Anda mungkin mempelajari kata-kata bahasa Inggris “man”, “woman”, “park” melalui gambar. Dalam langkah berikutnya, Rosetta Stone mungkin mengajari Anda “A man and a woman is sitting in the park”. Anda mungkin mengetahui arti “sit”, namun Anda dapat menebaknya dengan tepat.

Memakai metode ini, Rosetta Stone akan dapat mengajarkan kepada Anda banyak kata-kata dalam bahasa Inggris dan frase tanpa memakai bahasa ibu Anda. Benar-benar metode yang mendalam.

Saya menyarankan Anda ini jika Anda ingin mencoba belajar bahasa Inggris tanpa mengandalkan bahasa ibu Anda.


 

iOS: FluentU on the AppStorebest-english-apps-e1414102442888

Android: FluentU on Google Play (Segera Hadir!)

Harga: Versi gratis atau $8 – $18 per bulan, $80 – $180 per tahun

Keterangan

FluentU sangat unik di antara aplikasi dalam daftar ini.

FluentU membawa video dunia nyata seperti video musik, iklan, berita, dan pembicaraan inspiratif dan mengubahnya menjadi pengalaman belajar bahasa Inggris. Tidak seperti aplikasi biasa, FluentU memakai pendekatan alami yang membantu Anda mudah belajar bahasa Inggris. Anda akan belajar bahasa Inggris seperti diucapkan dalam kehidupan sebenarnya.

FluentU memiliki beragam video yang membuat Anda terlibat – topik-topik seperti acara talk show populer, video musik, dan iklan lucu, seperti yang bisa Anda lihat dalam gambar di bawah ini:

FluentU membuat menonton video berbahasa Inggris jadi mudah. Ada teks yang interaktif. Ini berarti bahwa Anda bisa mengetuk setiap kata untuk melihat sebuah gambar, definisi, dan contoh-contoh yang bermanfaat.

best English apps

Misalnya, saat Anda mengetuk kata “brought,” yang Anda lihat adalah:

best English apps

Pelajari semua kosa kata di setiap video dengan kuis. Geser kiri atau kanan untuk melihat lebih banyak lebih banyak contoh untuk melihat lebih banyak contoh kata yang Anda pelajari.

best English apps

Bagian terbaiknya adalah FluentU melacak kosa kata yang Anda pelajari, dan menyarankan contoh dan video berdasarkan kata-kata yang sudah Anda pelajari. Setiap siswa yang mempelajarinya benar-benar memiliki pengalaman yang dipersonalisasikan, meskipun mereka belajar dari video yang sama.

Anda bisa mulai memakai FluentU di situs web dengan komputer atau tablet atau, yang lebih baik, dengan mengunduh aplikasi dari iTunes.

FluentU sangat disarankan bagi pembelajar audio-visual dan ingin mempelajari bahasa Inggris yang sisinya menyenangkan.


MindSnacks

iOSMindSnacks English

Harga: $4.99

Keterangan

MindSnacks dikenal berkat antarmukanya yang menyenangkan dan simpel.

Untuk bahasa Inggris, sekarang Anda bisa memperluas kosa kata Anda dengan aplikasi Kosa Kata SAT.

Biasanya jika Anda mencoba memperoleh skor SAT yang tinggi, Anda harus melihat daftar kosa kata SAT. Namun hal itu seringkali membosankan karena seperti belajar kamus bahasa Inggris.

MindSnacks membantu membuat proses ini menjadi menyenangkan.

Daripada belajar daftar kata yang tidak ada akhirnya, sekarang Anda bisa menikmati permainan menyenangnkan untuk belajar kata-kata bahasa Inggris. Mempelajari kosa kata lebih mudah jika Anda termotivasi dan MindSnacks membantu membuatnya menjadi menyenangkan.

Ada sembilan permainan mini di dalam aplikasi MindSnacks ini. Masing-masing dirancang untuk membantu Anda menguasai kata-kata bahasa Inggris dengan cara tertentu.

Misalnya, ada permainan dari banyak balon – ada balon merah dan balon biru.

Selanjutnya, Anda mungkin memiliki tiga balon berwarna biru yang memiliki kata-kata “glorify”, “ludicrous”, “abstruse”, dan tiga balon merah dengan kata-kata “absurd”, “praise”, “hard to understand”. Masing-masing kata pada balon biru berarti sesuatu yang serupa dengan sebuah kata dalam balon merah.

Anda bisa mencocokkan kata-kata seperti ini  – “glorify – praise”, “ludicrous – absurd”, “abstruse – hard to understand”. Permainan ini dirancang untuk membantu Anda mempelajari kata-kata baru.

Dalam permainan lain, Anda harus mengisi bidang yang kosong di antara dua kata.

Misalnya, “I failed the fitness test by not completing the mile within time ____.” Anda akan diberi pilihan antara kata  “constraints” dan “digression.” Menggunakan apa yang telah Anda pelajari di permainan lainnya, Anda akan memilih “constraint”. Permainan ini dirancang untuk mengajarkan cara kata digunakan dengan benar atau konteksnya.

Sebuah aplikasi bahasa Inggris yang rapih yang membuat belajar kata-kata baru jadi menyenangkan – Saya menyarankan aplikasi ini untuk mereka yang ingib belajar bahasa Inggris serta ingin memperluas kosa kata mereka dengan beberapa kata-kata SAT yang keren.


Memrise

Situs webhttp://www.memrise.com/Memrise

iOS  /Android

Harga: Gratis

Keterangan

Memrise agak sedikit serupa dengan MindSnacks – jadi fokus aplikasi ini untuk belajar bahasa Inggris ini adalah kata-kata dalam bahasa Inggris.

Namun tidak seperti MindSnacks, Memrise tidak membantu Anda belajar bahasa menggunakan permainan.

Namun aplikasi ini memakai cara kreatif dan lucu untuk membantu Anda mengingat arti kata-kata.

Dan jika ada sesuatu yang lucu, Anda mungkin akan lebih mengingatnya.

Menariknya, proses belajar Memrise dirancang oleh pengguna sendiri. Jadi Anda dapat melihat bagaimana orang lain belajar bahasa Inggris ini menggunakan kata-kata yang sama dengan yang Anda pelajari.

Tersedia lebih dari tiga belas halaman pelatihan yang tersedia pada aplikasi ini, dari yang termudah “English Irregular Verbs” (Kata Kerja Tidak Beraturan Bahasa Inggris) hingga yang lebih seperti “A Tale of Two Cities” oleh Charles Dickens.

Banyak yang ingin mempelajari bahasa Inggris merasa bahwa belajar kata-kata baru sebagai hal yang tersulit dari bahasa ini. Bahasa Inggris Amerika atau American English memakai kosa kata yang terutama cukup besar.

Dengan Memrise, Anda bisa mengingat kata-kata yang tampaknya asing dengan mudah dan menyenangkan.

Selain itu, Anda juga dapat melacak apa saja yang telah dipelajari. Dengan cara seperti ini, jika Anda lupa arti sebuah kata, atau lupa kata-kata yang telah Anda pelajari, Anda bisa kembali dan melihatnya.

Cara yang sangat efektif (dan lucu!) untuk belajar bahasa Inggris, aplikasi ini sangat disarankan bagi siapa saja, baik jika Anda adalah seorang pembelajar bahasa Inggris pemula atau lanjutan yang ingin memperluas pengetahuan kosa katanya.


Open Language

Situs Web: http://www.openlanguage.com/OpenLanguage

iOS /Android

Harga: $30 / bulan

Keterangan

Open Language memiliki banyak bagian untuk belajar bahasa Inggris. Jika Anda sebelumnya pernah belajar satu bahasa asing sebelumnya, Anda mungkin mengetahui bahwa CEFR – singkatan dari Common European Framework of Reference for Languages, yaitu cara mengukur kemampuan Anda dalam sebuah bahasa. Dimulai dari A1 (Pemula) – C2 (Penutur Asli).

Di setiap tingkatan, Anda akan menemukan kursus berbeda untuk penggunaan berbeda. Misalnya, ada bahasa Inggris untuk Bisnis, bahasa Inggris yang digunakan dalam melakukan presentasi, bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dan Keterampilan Melakukan Wawancara dalam Bahasa Inggris. Seperti yang Anda dapat lihat, Open Language benar-benar tertata dengan baik.

Setiap pelajaran juga benar-benar komprehensif.

Untuk setiap pelajaran yang Anda ambil, Open Language memiliki banyak latihan untuk membantu Anda memperkuat berbagai bidang yang berbeda dari kosa kata pelajharan tersebut.

Ada dialog, kosa kata dalam dialog, kata-kata tambahan untuk dialog itu, penjelasan tata bahasa, latihan untuk membantu Anda meninjau kembali apa yang telah Anda pelajari, dan tugas interaktif di akhir pelajaran.

Jika Anda benar-benar suka pelajaran bahasa Inggris yang diajarkan dengan cara yang mendetail, Open Language adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang membantu mencakup banyak materi untuk mereka yang belajar bahasa Inggris di semua tingkatan kemampuan.


Mosalingua

Situs web: http://www.mosalingua.com/Mosalingua English

Android (Prancis – Inggris)

(Bahasa Inggris untuk Bisnis)

Harga: $4.99 (App Store), $5.99 (Google Play)

Keterangan

Mosalingua adalah aplikasi lainnya untuk belajar bahasa Inggris menggunakan beberapa metode belajar yang efektif.

Misalnya, satu masalah umum yang sering dijumpai oleh mereka yang belajar bahasa Inggris adalah melupakan satu kata setelah beberapa waktu lamanya.

Meski normal saja bagi siapa saja untuk belajar suatu bahasa baru, hal itu juga bisa sangat membuat frustasi.

Mosalingua mencoba menyelesaikan masalah ini dengan menggunakan metode yang disebut SRS. SRS adalah singkatan dari Spaced Repetition Software, dan pada dasarnya, itu adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu Anda meninjau kata-kata tepat sebelum Anda melupakannya. Jadi katakanlah Anda lupa sebuah kata tiga bulan setelah Anda mempelajarinya, maka Mosalingua akan membantu Anda meninjau kembali kata-kata ini mungkin satu atau dua minggu sebelum Anda benar-benar melupakannya.

Mosalingua juga memfokuskan pada 1.500 kata terpenting dalam bahasa Inggris untuk penggunaan praktis sehari-hari. Jadi jika Anda baru mulai belajar bahasa Inggris, Mosalingua mungkin menjadi aplikasi yang tepat untuk dipertimbangkan.

Di antara percakapan dan kartu flash yang dirancang dengan SRS, Mosalingua bisa menjadi cara yang sangat baik untuk membantu Anda mempelajari 1.500 kata dalam bahasa Inggris secara efektif.


Busuu

Busuu

Situs webhttp://www.busuu.com/

iOS  / Android

Harga: 14,.99 Euro / bulan (~USD 21)

Keterangan

Busuu sedikit berbeda daripada kebanyakan aplikasi yang disebut di dalam artikel ini. Banyak aplikasi untuk belajar bahasa Inggris yang kita telah bicarakan sejauh ini adalah untuk keperluan pribadi. Untuk sebagian besar pelajaran, Anda melaluinya sendirian. Akan tetapi dengan Busuu, Anda bisa bicara dengan penutur asli bahasa Inggris untuk mempraktikkan kemampuan berbicara bahasa Inggris Anda – cara yang sangat baik untuk melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris Anda.

Terlepas dari komponen kemampuan berbicara, Busuu sebenarnya serupa dengan dengan Open Languages yang didasarkan pada kerangkat kerja bahasa CEFR, dan juga dirancang dengan cara yang serupa – setiap pelajaran memiliki kosa kata utama, dialog pelajaran, sesi latihan menulis, sesi rekaman (Anda mempraktikkan beberapa kata bahasa Inggris keras-keras), evaluasi pelajaran, dan tentu saja bagian di mana Anda bisa mempraktikkan bahasa Inggris dengan penutur asli bahasa Inggris lainnya.

Dengan semua bagian ini, Anda dapat berlatih membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Sebuah cara yang seimbang untuk belajar bahasa Inggris.

Jika Anda suka berbincang dengan orang, Anda mungkin ingin meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris Anda, dan Busuu bisa jadi merupakan aplikasi bahasa Inggris yang paling cocok untuk Anda.


Duolingo

Situs webhttp://www.duolingo.com/Duolingo

iOS /Android

Harga: Gratis

Keterangan:

Dengan Duolingo, aplikasi ini mengajarkan bahasa Inggris kepada Anda dari banyak bahasa, bahasa Prancis, bahasa Portugis, bahasa Rusia, bahasa Italia, bahasa Belanda, bahasa Spanyol dan banyak bahasa lain di masa mendatang.

Duolingo dirancang untuk membantu Anda belajar bahasa Inggris dengan cepat. Ini artinya, jika Anda tidak pernah belajar bahasa Inggris sebelumnya, dengan memakai sekitar dua puluh menit sehari, Anda mungkin bisa berbicara dalam bahasa Inggris secara sederhana, membaca banyak artikel bahasa Inggris, dan mendengarkan beberapa ungkapan/frasa bahasa Inggris dasar dalam waktu terbatas. Ini benar-benar efektif.

Di setiap pelajaran, Duolingo mengajarkan kepada Anda beberapa sekitar tujuh kata baru baru sesuai topik, misalnya pendidikan, sekolah, sainds, dan kata sifat. Ada beberapa latihan yang Anda harus lakukan di setiap pelajarannya. Misalnya Anda mungkin harus mencocokkan kata-kata baru dengan gambar, Anda mungkin harus menerjemahkan ungkapan bahasa Inggris kembali ke bahasa asal, dan Anda mungkin harus mengulang sebuah ungkapan bahasa Inggris.

Tentu ada pula masalah melupakan kata-kata – Duolingo benar-benar cedas karena setelah beberapa saat, misalnya seminggu kemudian, maka software ini akan memberikan latihan untuk membantu Anda berlatih kata-kata yang masih belum Anda kuasai dengan baik. Dengan cara ini, setelah melakukan latihan evaluasi ini beberapa kali, kata-kata ini akan menjadi lebih mudah diingat.

Seperti yang dapat Anda lihat, dalam aplikasi bahasa Inggris berukuran kecil ini, dengan hanya sepuluh sampai dua puluh menit setiap harinya, Anda bisa dengan mudah menamatkan semua pelajaran di Duolingo dalam waktu sekitar tiga bulan. Tidak perlu harus belajar keras setiap hari untuk mempelajari bahasa asing!

Salah satu aplikasi bahasa Inggris terbaik yang ada dewasa ini – sangat direkomendasikan bagi para pemula yang ingin belajar bahasa Inggris.