jasa penerjemah · jasa penerjemah tersumpah · penerjemah akta · sworn translator · sworn translator jakarta · terjemahan

Penerjemah Akta Kelahiran

penerjemah akta
Terjemahan Akta Kelahiran

 

Apa itu Akta lahir? Akta lahir adalah bukti yang sah/valid mengenai status serta peristiwa kelahiran seseorang yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DISDUKCAPIIL).

Akta kelahiran seringkali digunakan sebagai dokumen dasar untuk menentukan kelahiran seseorang untuk data-data dasar lainnya misalnya di Kartu Keluarga, Bank, Pajak, Paspor, Ijazah, dan dokumen-dokumen resmi lainnya.

Namun pernahkah Anda memperhatikan bahwa ada beberapa jenis akta kelahiran? Termasuk ke dalam manakah akta kelahiran Anda? Silakan lihat informasi berikut:

JENIS-JENIS AKTA KELAHIRAN :

Akta Kelahiran Umum adalah akta kelahiran yang diperoleh sebelum batas waktu pelaporan peristiwa kelahiran. Batas waktu pelaporan yang disyaratkan adalah 60 (enampuluh) hari kerja sejak peristiwa kelahiran terjadi, kecuali untuk Warga Negara Asing, batas waktunya adalah 10 (sepuluh) hari kerja sejak peristiwa kelahiran.
Akta Kelahiran Istimewa (Massal) adalah akta yang diterbitkan secara khusus untuk orang-orang yang sejak dulunya telah diwajibkan membuat Akta-Akta Catatan Sipil, namun pada saat ini terlambat pencatatannya (yaitu telah melewati batas waktu yang ditentukan), yakni Warga Negara Indonesia keturunan Asing (Kecuali keturunan India dan Arab) dan Warga Negara Asing.  Cara penerbitan Akta Kelahirannya harus melalui sidang Pengadilan Negeri.  Berdasarkan penetapan Pengadilan Negeri tersebut maka diterbitkanlah Akta Kelahiran Istimewa oleh kantor Catatan Sipil.
Akta Kelahiran Dispensasi/Istimewa adalah akta Kelahiran yang diperoleh melalui dispensasi/pengecualian dari Menteri Dalam Negeri yaitu penyelesaian Akta Kelahiran yang terlambat bagi Orang-Orang Indonesia Asli yang lahir dan belum memiliki Akta Kelahiran sampai batas waktu 31 Desember 1985.

Tentang Akta Lahir Dua Bahasa

Bagi Anda atau keluarga yang telah lahir setelah tahun 2006 terdapat pengaturan berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 sebagaimana telah diubah dalam UU No. 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan menyatakan bahwa dokumen Akta harus berlaku universal dan perlu dituangkan dalam 2 (dua) bahasa.

Tentang Jasa Terjemahan Akta Kelahiran

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri atau bekerja keluar negeri (Terutama bagi TKI) biasanya diminta untuk menerjemahkan akta lahir Anda selain juga Kartu Keluarga. Mengingat dokumen ini adalah dokumen resmi, penerjemahannya harus dilakukan oleh penerjemah tersumpah, karena keabsahan datanya diperlukan agari tidak terjadi penyimpangan. Jika Anda memerlukan jasa penerjemah tersumpah atau sworn translator silakan hubungi penulis di penerjemah@penerjemah-id.com atau hubungi melalui Telp/WA di 0811-174-361. Atau hubungi Customer Service melalui jasa chat pada halaman ini.