terjemahan

Jasa Penerjemah Tersumpah Murah

Bagikan ke Jejaring Sosial Favoritmu

jasa penerjemah tersumpah murah

Mencari jasa penerjemah tersumpah murah?

Jasa penerjemah tersumpah adalah individu yang menyediakan jasa penerjemahan resmi yang dilakukan oleh penerjemah profesional yang telah diakui oleh pemerintah atau pihak berwenang untuk menerjemahkan dokumen resmi. Mereka biasanya dibutuhkan untuk menerjemahkan dokumen tertentu, seperti dokumen hukum, imigrasi, dan dokumen resmi lainnya agar dapat diterima oleh pejabat pemerintah atau lembaga resmi lain.

Biaya jasa penerjemahan tersumpah itu berbeda-beda bergantung sejumlah faktor, misalnya panjang dan kompleksitas dokumen, kombinasi bahasa, serta waktu penyelesaian terjemahan. Sebagian sworn translator mungkin akan menawarkan biaya yang sangat rendah untuk layanan mereka dan ini dianggap ‘murah’ dibandingkan dengan tarif atau harga translator lainnya. Namun Anda harus berhati-hati saat mencari jasa penerjemah tersumpah murah karena mutu penerjemahan dapat terpenagaruh jika translatornya tidak cukup memiliki kualfiikasi atau pengalaman. Lakukan sedikit riset dengan membandingkan harga dari beberapa translator untuk memastikan Anda memperoleh terjemahan berkualitas tinggi dengan harga yang wajar.

Pastikan sebelumnya bahwa penerjemahnya memang resmi dan tercatat di Kemenkumham. Anda dapat membaca pada link ini untuk daftar penerjemah tersumpah resmi. Pastikan namanya ada di situ jika tidak ada maka berarti jasa yang disediakan bukanlah tersumpah melainkan biasa atau dilakukan oleh translator yang bukan tersumpah atau memperoleh sertifikasi yang bukan terdaftar di Kemenkumha,.

Pastikan bahwa jasa penerjemah tersumpah murah yang ditawarkan adalah benar penerjemah tersumpah. Penerjemah tersumpah adalah translator yang  memiliki sertifikat yang telah diambil sumpahnya oleh Gubernur KDH TK 1 Jakarta. Pastikan dan mintalah buktinya jika perlu. Banyak penerjemah murah yang hanya mengandalkan cap yang belum tentu merupakan translator asli. Anda bisa mengecek keberadaan penerjemah tersumpah resmi di situs resmi seperti HPI (Himpunan Penerjemah Tersumpah). Banyak sekarang ini yang hanya memakai cap lain yang bukan resmi dan seakan-akan resmi namun hanya menjual cap saja namun penerjemahnya tidak diuji atau diperiksa oleh translator yang memiliki kemampuan ini.

Bagaimana cara mengetahui bahwa jasa penerjemah tersumpah murah ini benar adanya?

  • Periksa websitenya, apakah benar ada secara fisik dan bisa didatangi. Banyak yang hanya menyediakan situs web saja dan tidak bersedia didatangi.
  • Email, mereka menggunakan email gratisan (Gmail/Yahoo) atau memakai WhatsApp yang non-bisnis. Googlinglah dengan cermat!
  • Tanyakan siapa nama penerjemahnya dan minta buktinya jika perlu. Lalu Googling namanya, translator yang memang benar ada pasti memiliki profil di Internet.
  • Minta contoh screenshot bukti terjemahannya.
  • Harga terlalu murah? Too good to be true. Harga yang Anda dapatkan mungkin murah tapi buat apa jika tidak bisa dipakai dan kualitasnya asal-asalan?
  • Cek ke situs Himpunan Penerjemah Indonesia (hpi.or.id) untuk memeriksa namanya. Translator yang resmi biasanya menjadi anggota HPI.
  • Periksa kualitas terjemahan, Anda harus lebih kritis jika hasil terjemahan tidak sesuai harapan Anda dan mintalah diperbaiki sampai sesuai kebutuhan Anda. Jika dalam bahasa Indonesia, pastikan apakah ejaan sesuai dengan KBBI.
  • Mintalah saran dari orang yang Anda ketahui memahami bahasa asing jika Anda tidak memahami bahasa terjemahan yang jasanya diminta.

Ingatlah dengan gambar berikut ini saat mencari jasa translator:

 

Saat membeli jasa penerjemah pastikan Anda mendapatkan sesuai kebutuhan Anda, dana, keperluan, dan lainnya. Memang harus sesuai anggaran tapi pastikan hal itu tidak menghalangi Anda mendapatkan layanan yang sesuai kebutuhan. Selamat memilih!

Baca Juga:

Perbedaan Terjemahan Besertifikat dan Terjemahan Tersumpah serta Legalisasi Terjemahan