sworn translator · sworn translator jakarta · terjemahan

10 Jenis Surat Bisnis yang Perlu Diketahui

Dalam menjalankan usahanya, perusahaan selalu berkomunikasi dengan berbagai pihak. Surat adalah salah satu media komunikasi yang lazim digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pihak dalam dan luar, misalnya rekanan atau pemasok atau supplier.

Surat Keluhan

Surat keluhan secara resmi akan memperoleh tanggapan resmi pula jika dilakukan secara profesional dari sudut pandang bisnis. Sirat keluhan ini biasanya singkat, langsung ke sasarannya dan sopan. Kesopanan akan memperoleh tanggapan lebih baik meski Anda sangat marah saat menuliskan surat bisnis ini.

contoh surat bisnis

Surat Pengantar Lamaran

Surat pengantar lamaran adalah surat yang menemani riwayat hidup saat mengajukan lamaran ke perusahaan. Surat ini punya tujuan untuk membujuk pembaca agar membaca surat lamaran dan riwayat hidup Anda. Surat ini biasanya menyebut jenis pekerjaan yang dilamar, serta satu atau dua kelebihan Anda yang perlu ditonjolkan.

Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi memungkinkan Anda untuk menggunakan sedikit mungkin kata-kata terpilih yang memberi tahu bagaimana Anda menilai dengan baik pihak lain (pihak ketiga). Anda harus menahan diri agar tidak membuat surat yang terlalu berlebihan, lakukan pendekatan langsung kepada pokok permaalahannya agar pesan Anda tersampaikan.

Surat Pengunduran Diri

Surat resmi pengunduran diri haruslah bersikap wajar dan cerdas. Jangan membuat surat pengunduran diri yang menutup diri Anda untuk bekerja lagi di perusahaan ini. Berikan alasan yang wajar atas pengunduran diri Anda dan hindari memuji diri sendiri.

Surat Penolakan Lamaran

Dalam beberapa kejadian mungkin Anda diharuskan untuk menulis surat bisnis yang memberi tahu kepada pelamar bahwa ia tidak terpilih dalam sebuah lowongan pekerjaan yang mereka lamar. Berikan ucapan terima kasih atas waktu yang telah mereka luangkan, berikan pujian kepada pelamar atas pengalaman dan pendidikan mereka serta jelaskan bahwa mereka bukanlah orang yang mereka cari untuk saat ini.

Surat Penolakan Undangan Acara

Menolak menghadiri sebuah acara resmi jika tidak ditangani dengan baik dapat memberikan kerugian secara sosial. Berikan penghargaan dan terima kasih atas undangan yang diberikan dan sebut alasan Anda misanya tidak dapat hadir karena sudah ada acara lain hari itu. Jangan terlalu menjelaskan secara detail alasan acara lain yang dihadiri.

Surat Penerimaan Hadiah

Merupakan kebiasaan yang baik dan sopan jika Anda membalas surat bisnis formal yang memberi tahu kepada pengirim hadiah bahwa Anda sudah menerima hadiah dengan baik. Berikan ucapan terima kasih secara pribadi kepada pemberi hadiah dan Anda sudah menerima hadiah tersebut. Jika perlu, sampaikan bahwa Anda sudah memakai hadiah tersebut agar mereka merasa dihargai.

Surat Pemberitahuan Perbaikan Kesalahan

Saat mengirim surat bisnis kepada pihak lain bahwa sebuah kesalahan sudah diperbaiki sebaiknya sertakan salinan kesalahan yang terkait dan bukti kertasnya jika ada. Berikan salinan materi yang terkait dengan kesalahan itu jika perlu.

Surat Ucapan Terima Kasih Karena Rekomendasi Pekerjaan

Surat ucapan terima kasih kepada orang lain atau pihak yang memberi Anda referensi melamar suatu pekerjaan dan berhasil mendaptkan pekerjaan itu harus profesional dan ramah. Jangan terlalu berlebihan mengucakan terima kasih.

Surat Permintaan Informasi

Surat bisnis yang meminta informasi harus merinci permintaan tersebut dan juga menyatakan alasan mengapa informasi itu dibutuhkan. Berikan penghargaan dan terima kasih atas kerja sama mereka yang akan memberikan informasi.

 

Penyedia Jasa Penerjemah Tersumpah Surat Bisnis

PT INDO LINGUA TRANSLOCALIZE adalah sebuah perusahaan perseroan terbatas yang menyediakan jasa penerjemah tersumpah bisnis untuk berbagai bahasa. Perusahaan kami memiliki staf penerjemah internal dan eksternal dan memiliki kantor dan lokasi fisik yang jelas. Perusahaan bukan perorangan seperti banyak situs-situs yang ada di web dengan alamat email bukan gratisan (gmail/yahoo) sehingga bisa dapat dipercaya.

Jika Anda membutuhkan jasa penerjemah tersumpah surat bisnis yang bisa digunakan untuk keperluan melakukan perjanjian dengan pihak asing atau keperluan resmi lainnya silakan hubungi kami di bawah ini. Atau, hubungi melalui jendela chat di kanan bawah halaman ini.

PT INDO LINGUA TRANSLOCALIZE

Jalan Asem Dua Ruko Tamarin No. 10 F Lantai 3

Jakarta Selatan

Telepon: +622129512841

WhatsApp: +62 812-8990-8544

Email: [email protected] atau [email protected]

Bacaan Lain Terkait

Jasa Penerjemah Tersumpah

Jasa Penerjemah Kartu Keluarga (KK)

Penerjemah Akta Kelahiran

Tinggalkan Balasan