penerjemah · subtitle

Tahun 2019 Netflix Masih Diblokir IndiHome dan Telkomsel

Penggemar film-film streaming di Internet?

Bagi kamu yang suka nonton film-film terbaru dengan cara streaming dari internet baik melalui Internet Provider atau melalui operator seluler pasti mengetahui bahwa Netflix hanya bisa diakses oleh operator selain Telkom/Indihome dan Telkomsel (anak perusahaan Telkom/Indihome) dan sampai awal Januari  2018 Netflix masih diblokir di Indonesia.

Netflix Indihome
Beberapa Film Utama Populer di Netflix

Netflix Diblokir Telkomsel dan Cara Buka Netflix yang Diblokir

Bagaimana perkembangan Netflix di Indihome dan Telkomsel tahun 2018? Berdasarkan pengalaman penulis, di awal tahun 2018 (4 Januari 2018) dan sekarang di awal tahun 2019 ini status Netflix masih diblokir oleh kedua operator telekomunikasi terbesar itu. Meski awal tahun 2017 lalu Telkom Group akan segera mencabut pemblokiran, kenyataannya masih belum dilaksanakan. Lalu pada bulan November lalu Direktur Konsumen dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Dian Rachmawanmengatakan bahwa pemblokiran Netflix ialah karena dianggap tidak memenuhi regulasi di Indonesia, seperti memuat konten berbau pornografi.

 

Netflix IndiHome Blokir
Tampilan pada browser saat membuka situs Netflix dari IndiHome atau Telkomsel

Alasannya tentu karena mereka ingin melindungi produk serupa yang dikeluarkan oleh kelompok itu yaitu iflix dan HOOQ yang menawarkan layanan serupa.

iflix yang memiliki aplikasi di Android dan iOS dan bisa dibuka di browser dan aplikasi TV berkemampuan internet serta AppleTV memang menawarkan beragam film laris yang bisa dinikmati pemirsanya. Namun memang masih jauh atau kalah dari Netflix yang juga memproduksi berbagai filmnya sendiri dan terbukti sukses dan populer di beberapa negara.

Netflix IndiHome Telkomsel
Tampilan error saat membuka Netflix dari Telkomsel

Beberapa seri film populer seperti Narcos (serial tentang gembong Narkoba Paul Escobar yang kini tengah bersiap memasuki musim ketiga tentang pasar narkotika di Meksiko setelah Kartel Colombia dan Cali), Lalu Queen tentang intrik keluarga kerajaan Inggris semasa Ratu Elizabeth II Muda serta seri-seri populer seperti Stranger Things yang masuk musim kedua tampaknya masih lama baru bisa dinikmati penggemar indiHome jika blokir ini masih belum dicabut, jadi bagaimana cara buka Netflix yang diblokir?

Cara Nonton Netflix di Indonesia dan Cara Buka Netflix yang Diblokir

Bagi kamu yang kebelet ingin menonton dan membuka Netflix yang diblokir kamu bisa mencari berbagai info di internet. Hanya dengan kata kunci Netflix dan VPN kamu bisa memperoleh informasi tentang cara membuka blokir ini di internet. Diantara petunjuk cara menonton Netflix di Indonesia terutama bagi kamu yang berlangganan IndiHome kamu juga bisa membaca Cara Membuka Netflix yang Diblokir yang berisi cara menggunakan Netflix di Indonesia dan mengakses Netflix yang hanya diputar di negara-negara lain.

Dengan penggunaan VPN ini kamu bisa nonton Netflix di PC atau ponsel dengan muddah.

Cara penggunaan VPN ini sebenarnya menyamarkan IP komputer dan membolehkan kamu membuka situs itu dengan melewati hadangan blokir yang diterapkan operator dalam hal ini IndiHome atau Telkom Group.

Dengan cara ini  kambu bisa mengetahui cara buka netflix di android atau unblock netflix indihome

Perkembangan 2019

Bagaimana perkembangannya di tahun 2019? Kapan blokir ini akan dibuka Telkom Group? Kita masih harus menunggu. Tindakan proteksionis ini memang sah-sah saja dilakukan sepanjang dalam koridor hukum, namun sebenarnya membatasi akses bebas pengguna untuk memperoleh hak memperoleh hiburan. Meski ada alasan-alasan teknis dan moral dan budaya. Yang jelas di era keterbukaan informasi sekarang, informasi ini tidak akan terbendung. Masyarakat pasti punya cara untuk memperoleh layanan ini dengan satu cara atau lainnya.

Telkom Group tampaknya harus bisa melihat peluang juga di sini. Dibukanya blokir atas Netflix diharapkan bisa meningkatkan konsumsi bandwidth internet mereka dan menumbuhkan dan menciptakan budaya menonton di rumah. Meski banyak yang melihat ini nantinya akan jadi disruption baru bagi industri film bioskop yang khawatir kebiasaan nonton di bioskop akan hilang.

Semoga kita sebagai konsumen menjadi pihak yang diutamakan oleh berbagai pihak dalam hal pemblokiran Netflix oleh IndiHome ini.

Yang jelas pelanggan masih punya pilihan lain selain menggunakan penyedia jasa Internet lain seperti XL, pengguna bisa Membuka Netflix yang Diblokir dengan sedikit kreataivitas.


Tulisan adalah pendapat pribadi penulis.

Baca Juga

Cara Mengganti Terjemahan Subtitle di iflix Indonesia

Cara Download Film iFlix di iPhone

Tinggalkan Balasan