terjemahan

Kepanjangan YBDI dan YTDL dalam KBLI

Bagikan ke Jejaring Sosial Favoritmu

KBLI adalah singkatan dari Klasifikasi Baku Lapangan Industri atau Singkatan dari KBLI adalah Kasifikasi Baku Lapangan Industri.

KBLI merupakan suatu penggolongan kegiatan ekonomi di Indonesia yang menghasilkan produk/output, baik berupa barang maupun jasa, menurut jenis lapangan usaha gar dapat seragam dalam konsep, arti, serta golongan klasifikasi lapangan usahanya di dalam perkembangan serta pergantian kegiatan ekonomi di Indonesia. KBLI serupa dengan International Standard Industrial Classification (ISIC) yang banyak digunakan di banyak negara.

ISIC adalah singkatan dari International Standard Industrial Classification untuk semua Aktivitas Ekonomi. Ini merupakan suatu sistem standar atau baku untuk menggolongkan aktivitas ekonomi (industri) berdasarkan jenis barang dan layanan yang diproduksi. ISIC digunakan oleh banyak negara dan organisasi di seluruh dunia untuk mengumpulkan, mengompilasi, serta membandingkan data statistik pada aktivitas ekonomi serta dikembangkan oleh Komisi Statistik PBB dan diperbarui secara berkala untuk mencerminkan perubahan dalam ekonomi.

Klasifikasi ISIC ditata menjadi empat bagian utama:

  1. Pertanian, kehutanan, dan perikanan (Divisi 1)
  2. Pertambangan dan penggalian, manufaktur, dan listrik, gas, uap, dan pasokan pengaturan udara (Divisi 2)
  3. Konstruksi (Divisi 3)
  4. Perdagangan besar dan eceran, perbaikan kendaraan bermotor dan motor, transportasi dan penyimpanan, dan akomodasi serta aktivitas jasa boga (Divisi 4)

Setiap divisi dibagi lebih lanjut menjadi sejumlah bagian dan kelompok, di mana setiap kelompok mewakili kegiatan ekonomi tertentu. ISIC menyediakan istilah bahasa dan kerangka kerja yang umu m untuk membandingkan data ekonomi sejumlah negara dan kawasan serta memastikan bahwa pengumpulan dan pelaporan data statistik dilakukan secara konsisten dan terbandingkan.

Seperti halnya ISIC, KBLI ditata menjadi empat bagian utama yang mana masing-masing bagian itu memiliki sektor-sektor yang utama dari ekonomi, diantaranya:

KBLI dipakai oleh pemerintah Indonesia dan organisasi lain untuk mengumpulkan, mengompilasi, serta membandingkan data statistik terkait kegiatan ekonomi di Indonesia.

Meski KBLI dan ISIC serupa secara struktur dan maksudnya secara umum keduanya itu tidaklah benar-benar sama. ISIC merupakan suatu standar global yang dikembangkan Komisi Statistik PBB sementara KBLI dibuat khusus untuk Indonesia. Namun keduanya dipakai untuk menggolongkan aktivitas ekonomi secara secara baku dan konsisten dan memiliki fitur serupa.

Salah satu istilah yang terdapat dalam KBLI yang sering juga disebut di dalam NIB atau Nomor Induk Berusaha adalah YTDI dan YTDL.

Istilah-istilah dalam KBLI

Berikut beberapa istilah di dalam KBLI yang sering disebut terutama dalam NIB atau Nomor Induk Berusaha.

YBDI merupakan singkatan dari Yang Berhubungan Dengan Itu. Atau, kepanjangan dari YBDI adalah Yang Berhubungan Dengan Itu.

YTDL merupakan singkatan dari Yang Tidak Termasuk Dalam Lainnya. Atau  YTDL merupakan kepanjangan dari Yang Tidak Termasuk Dalam Lainnya.

YBDI dalam bahasa Inggris sering diterjemahkan sebagai related thereto

YTDL dalam bahasa Inggris sering diterjemahkan sebagai not included in others