terjemahan

Di mana saya bisa ikut ujian penerjemah tersumpah?

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Penerjemah Tersumpah

pejeremah tersumpah

Apakah tes untuk menjadi penerjemah tersumpah masih ada?

Sebelum tahun 2007, Ujian Kualifikasi Penerjemah (UKP) adalah satu-satunya cara untuk menjadi Penerjemah Tersumpah. UKP ini ditujukan bagi mereka yang merupakan warganegara DKI Jakarta dan ujiannya diselenggarakan atas kerja sama pemerintah DKI Jakarta dengan Pusat Bahasa UI. Mereka yang lulus akan diambil sumpahnya oleh Gubernur DKI Jakarta. Ini berarti bahwa hanya mereka yang bertempat tinggal di Jakarta sajalah yang bisa mengikuti ujian dan menjadi Penerjemah tersumpah. Tidak ada penerjemah tersumpah di luar itu.

Biasanya penerjemah tersumpah memiliki sertifikat berwarna cokelat yang ditandatangani oleh Gubernur dan terakhir ujiannya dilaksanakan pada tahun 2008. Anda dapat meminta sertifikat asli dari penerjemah untuk memastikan bahwa memang benar bahwa yang bersangkutan adalah penerjemah tersumpah. Banyak sekali di luar sana yang menggunakan cap penerjemah tersumpah yang orangnya tidak ada atau bukan warga DKI. Setiap penerjemah tersumpah akan memiliki cap yang berbeda-beda tiap orang tapi berisi nomor SK penunjukkan yang dikeluarkan gubernur DKI.

Bisakah sertifikat hasil mengikuti kursus penerjemah dapat digunakan sebagai bukti mutu sebagai penerjemah selain dari sertifikat penerjemah tersumpah?

UKP ini terakhir dilakukan tahun 2010 dan kemudian ada organisasi penerjemah bernama HPI menjadi penyelenggara Tes Sertifikasi Nasional (TSN) dan mereka yang menjadi anggota himpunan bisa mengikuti ujian yang jika lulus akan menjadi penerjemah bersertifikasi atau resmi. Mereka yang menjadi anggota HPI dan merupakan warganegara Indonesia bisa ikut dalam TSN HPI ini. Mereka yang lulus dapat dilihat daftarnya di Situs SIHAPEI.

Mereka yang punya sertifikat HPI akan mengeluarkan cap yang dibuat oleh HPI dan biasanya akan bertuliskan Penerjemah Bersertifikat HPI.

Jadi jika Anda memerlukan jasa penerjemah, pastikan kebutuhannya. Penerjemah Bersumpah atau Bersertifikat.

Bacaan Lain

Apa bukti sebuah terjemahan telah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah?

 

Tinggalkan Balasan