proofreading dan editing

Jasa Proofreading dan Editing untuk Jurnal

Bagikan ke Jejaring Sosial Favoritmu
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Isitlah ‘proofreading’ dan ‘editing’ terkadang sering dugunakan dan bersifat saling melengkapi. Namun kenyataannya, terdapat perbedaan penting di antara kedua proses ini.

Apa itu Proofreading?

Proofreading atau sering diterjemahkan sebagai periksaakasraan atau uji-baca adalah sebuah proses pembacaan kembali dengan melihat secara teliti untuk mengetahui keadaan baik tidaknya, salah benarnya sebuah karya tulis untuk mengetahui apakah terdapat kesalahan atau tidak. Proses ini bermanfaat untuk mengurangi berbagai jenis kesalahan yang sering terjadi (common errors) pada penulisan yang mungkin terjadi saat menulis, terutama saat menulis memakai bahasa asing atau Inggris.

Pemeriksaan ini akan meneliti apakah terjadi kesalahan tanda baca, ejaan, atau format yang mengakibatkan bacaan terpotong atau terpenggal saat diformat ke dalam format akhir. Selain itu proofreading juga akan meneliti apakah terjadi kekurangan kata sambung, atau hal-hal lain yang mengakibatkan keterbacaan menjadi terganggu.

Proofreading menekankan pengoreksian tampilan yang terlihat atau terbaca dari segi ejaan, tata bahasa, sintaks, tanda baca, dan pemformatan.

Proses ini terjadi di bagian akhir proses penuylisan sebagai sebuah langkah terakhir sebelum makalah atau karya tulis siap diterbitkan.

Apa itu Editing atau Penyuntingan?

Sementara editing atau penyuntingan merupakan sebuah proses yang lebih mendalam yang melihat cara penyajian informasi serta gagasan. Meski penyuntingan berisi proses serta langkah-langkah yang digunakan atau dilibatkan dalam proses proofreading, proses ini lebih menekankah pada membuat perubahan yang membuat artikel menjadi lebih mudah dipahami, tertata lebih baik, serta lebih sesuai dengan target pemirsa atau pembacanya. Mengingat penyuntingan merupakan bagian yang sangat penting dalam merumuskan argumentasi penelitian, proses ini terjadi beberapa kali dan dilakukan oleh penulis itu sendiri, masukan dari pihak lain seperti dosen atau pembimbing, dan terakhir oleh penyedia jasa editing dan proofreading profesional.

Jasa Editing dan Proofreading Jurnal

Apakah Anda sedang menyiapkan atau sudah menyelesaikan penulisan jurnal untuk persyaratan sekolah, kuliah atau kerja? Tulisan sudah jadi dan Anda membutuhkan polesan akhir untuk memastikan tulisan Anda layak dibaca sesuai tata bahasa Inggris yang berlaku untuk penulisan jurnal? Kami siap membantu Anda. Silakan siapkan dokumen yang telah Anda selesaikan penulisannya dan kirim melalui email ke penerjemah@penerjemah-id.com dengan subjek Jasa Proofreading dan Editing + Sertifikat dari (Nama Anda) untuk kami periksa jumlah total kata yang terdapat di dalam tulisan.

Percayakan proofreading jurnal tulisan Anda kepada kami di PT Indo Lingua Translocalize, sebuah perusahaan jasa penerjemah tersumpah / sworn transaltor yang berada di Jakarta Selatan dan memiliki cabang di seluruh Indonesia. yang juga menyediakan jasa editing jurnal yang menyediakan sertifikat proofreading resmi.

Harga

Tim kami akan menghitung jumlah kata di dalam tulisan Anda dengan menggunakan fitur wordcount di dalam aplikasi pengolah kata Word. Penghitungan jasa editing dan proofreading jurnal pada kami akan dihitung berdasarkan setiap 300 kata bahasa Inggris yaitu Rp25.000. Untuk daftar pustaka atau reference tidak akan kami perhitungkan namun akan diedit secara GRATIS jika perlu. Harga dapat meningkat apabila sumber yang akan disunting dan diproofreading ternyata kualitasnya dianggap oleh proofreading sangat rendah dan memerlukan perombakan besar. Silakan kirimkan hasil Anda untuk diperiksa terlebih dahulu untuk mendapatkan tarif jasa proofreading dan editing untuk dokumen dengan keadaan spesifik seperti itu. Hubungi kami secara khusus untuk jumlah halaman besar untuk mendapatkan tarif jasa proofreading khusus.

Hasil

Dengan harga tersebut, hasil editing dan proofreading akan diberikan dalam 3 bentuk:

1. Hasil Akhir bersih (clean version) dari dokumen dalam bentuk word, di mana dokumen sudah siap digunakan dan diserahkan kepada pihak yang berkepentingan.

clean journal
Contoh Dokumen Clean Journal

2. Hasil Akhir kotor (unclean) dalam bentuk Track Changes Version, yaitu teks yang menggunakan fitur internal word untuk mengetahui perubahan, tambahan, pengurangan dan hal-hal lain perubahan yang diberikan oleh si penyunting. Dengan demikian Anda sebagai pengguna jasa dapat mengetahui perubahan-perubahan apa saja yang dilakukan.

Tampilan Word dalam Format Tracked Changes

3. Sertifikat (Certificate of Proofreading) Kami akan menerbitkan certificate of proofreading yang berisi detail penulis dan judul tulisan akhirnya serta akan diberi cap dan tanda tangan yang disahkan secara digital di dalam sertifikat tersebut. Sertifikat ini dapat Anda gunakan sebagai bukti saat menyerahkan jurnal tersebut.

CONTOH CERTIFICATE OF PROOFREADING
Contoh Certificate of Proofreading (HANYA CONTOH, BENTUK ASLI SERTIFIKAT KAMI BERBEDA)

Silakan hubungi kami apabila Anda ingin mendapatkan jasa editing jurnal dan memperoleh sertifikat proofreading dari jasa proofreading dan editing profesional untuk keperluan penerbitan Anda. Hubungi kami di penerjemah@penerjemah-id.com atau WhatsApp di 0811-174-361 atau lampirkan pada jendela chat di tampilan web halaman ini di sebelah kanan bawah.