terjemahan

Cara Menerjemahkan Dokumen Online

Ingin menerjemahkan dokumen PDF atau Word (.docx) secara online menggunakan Google Translate? Artikel berikut berisi informasi mengenai cara translate dokumen inggris ke indonesia atau translate file pdf english to indonesia menggunakan layanan gratis yang ada di internet.

Sampai saat ini situs translate Inggris Indonesia online terbaik masih dipegang oleh Google Translate. Ya Google memang pelopor untuk situs translate online karena mereka yang pertama. Dan berkat algoritmaya yang terus dikembangkan, kemampuannya memang semakin baik walau jauh dari sempurna.

Punya dokumen dalam bentuk PDF atau dalam Word dan ingin diterjemahkan sekaligus.? Kini Anda bisa menerjemahkan menggunakan fitur penerjemah dokumen online yang disediakan oleh Google Translate. Untuk melakukan translate dokumen word akan ditunjukkan pertama kali mengingat file jenis ini lebih umum dan sering kita gunakan untuk membuat tugas atau laporan misalnya.

Biasanya saat memanfaatkan layanan Google Translate kita harus Copy dan Paste beberapa paragraf sekaligus. Lalu hasil terjemahan kita salin kembali ke dokumen sumber.

Jika dokumennya kecil mungkin ini tidak masalah. Kita hanya perlu waktu sebentar, tapi bagaimana jika dokumennya cukup besar?

Langkah-langkah berikut merupakan petunjuk praktis untuk translate dokumen word dengan cepat sekaligus tanpa harus mencopy paste berkali-kali.

Apa yang harus dilakukan? Pastikan bahwa dokumen Anda sudah dalam bentuk Word. Ini adalah untuk memudahkan proses pembacaannya.

Langkah 1: Buka Laman Google Translate

Buka link di https://translate.google.com/

Pilih pasangan bahasa yang diinginkan misalnya Inggris ke Indonesia. Klik pada tab bahasa di kanan atas layar tersebut. Setelah itu klik terjemahkan dokumen.

Anda akan dibawa ke tampilan berikut:

Langkah 2: Pilih File Word yang Akan Diterjemahkan

Setelah itu klik Pilih File. Lalu buka file dokumen Word yang ingin diterjemahkan di dalam folder.

Setelah itu tampilannya akan menjadi seperti berikut ini:

Nama file yang akan diterjemahkan akan terlihat. Dan dalam contoh pada gambar di atas nama filenya adalah Contoh.docx.  

Setelah itu klik Terjemahkan.

Langkah 3: Copy Hasil Terjemahan ke Dokumen Kosong

Pada contoh file di atas. Dokumen yang aslinya berisi tulisan ini:

Ini File Contoh yang akan diterjemahkan dengan Google Translate dari Google. Anda dapat dengan cepat menerjemahkan satu file penuh dengan cepat menggunakan Google Translate.

Akan ditampilkan pada layar dari link:

https://translate.googleusercontent.com/translate_f

Dari hasil di atas terlihat bahwa dokumen secara penuh telah diterjemahkan oleh Google Translate tanpa harus mencopy paste.

Lalu bagaimana jika dokumen yang ingin diterjemahkan berbentuk PDF? Anda dapat mentranslate dokumen PDF dengan cara mengonversikannya dari bentuk PDF ke Word.

Silakan baca petunjuk berikut.

Cara Translate Dokumen PDF

Sebelum dapat menerjemahkan dokumen dalam bentuk PDF di Google Translate, Anda harus memperhatikan sebagai berikut.

  1. Dokumen PDF adalah bukan hasil scan dari buku. Dokumen harus berbentuk PDF yang jelas yang dihasilkan dari PDF creator yang bukan hasil Scan. Jika dokumen hasil scan biasanya dokumen berbeda-beda kualitasnya dan tidak semua bisa diterjemahkan sempurna menggunakan alat bantu konversi.
  2. Bukalah PDF tersebut, jika dokumennya bukan hasil scan maka dokumen itu akan jelas, tanpa bintik-bintik seperti yang biasa kita lihat. Jika ada bintik-bintik besar kemungkinan dokumen hasik scan dan tidak dapat dikonversi menjadi dokumen word dengan baik.

Setelah memastikan hal tersebut Anda dapat menggunakan fitur ekspor dari berbagai pembaca PDF seperti Adobe Acrobat Reader atau file PDF reader lainnya dengan cara mengekspornya ke Word.

Cobalah mendownload dan menginstall salah satu file PDF reader yang ada di pasar. Buka Google dan cari dengan mengetik “pdf reader“. Maka Anda akan melihat situs-situs web yang dapat dibuka untuk mendownload dan menginstal salah satu apalikasi itu.

Berikut petunjuk video cara trasnlate PDF ke Word dengan mengubah ke word dan menggunakan cara seperti di atas.

Anda juga dapat membuka video berikut dari YouTube tentang cara mengubah file PDF ke Word Tanpa Software.