jasa penerjemah tersumpah · terjemahan

Tarif Penerjemah Tersumpah

Bagikan ke Jejaring Sosial Favoritmu
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Berapa tarif penerjemah tersumpah?

Berdasarkan survei tidak ada tarif penerjemah tersumpah yang sama. Harga ini di Jakarta sekarang berkisar antara 80-150 ribu untuk pengerjaan normal 2-3 hari kerja untuk pasangan bahasa Inggris ke Indonesia dan sebaliknya. Yang pasti tarif penerjemah tersumpah berbeda dan lebih mahal daripada harga penerjemah biasa. Apa bedanya? Terjemahan yang dikerjakan penerjemah tersumpah memiliki cap dan tanda tangan basah yang dibubuhkan penerjemahnya. Selain itu terjemahan biasanya juga memiliki pernyataan yang disebut avidavit atau pernyataan di bawah tersumpah bahwa penerjermahan telah dilakukan sebaik-baiknya dengan aslinya.

Tarof penerjemah tersumpah rata-rata dewasa ini di Jakarta dan kota-kota lain berkisar antara Rp100.000 rupiah untuk pasangan bahasa Inggris ke Indonesia dan sebaliknya. Ingatlah bahwa harga di bawah di atas itu atau di bawah itu akan bervariasi jika terkait dengan volume atau urgent atau cepat tidaknya pengerjaan. Semakin urgent atau cepat dibutuhkannya maka harga akan semakin mahal. Semakin banyak volume atau lembar yang diterjemahkan tentu ada potongan harga, tapi mengingat penerjemahan adalah sebuah jasa maka semakin banyak pun pengerjaannya sama karena dikerjakan oleh manusia dan bukan mesin yang memiliki economic of scale atau skala ekonomi tertentu atau menjadi murah jika mencapai volume tertentu.

Bagaimana jika ada tarif penerjemah tersumpah yang sangat murah?

Yang jelas Anda harus memastikan dengan bertanya pada si penerjemah tentang kualifikasinya, seorang penerjemah tersumpah memiliki sertifikat dan nomor pengangkatan oleh Gubernur Jakarta. Tanyakan sertifikatnya jika perlu atau nomornya. Waspadai jika informasi yang diberikan tidak jelas. Harga murah sering terkait dengan kualitas rendah atau bahkan mungkin pemalsuan. Baca: http://nasional.kompas.com/read/2008/04/06/17494544/kompetensi.penerjemah.dipertanyakan

Yang perlu diperhatikan adalah harga yang murah Misalnya Rp50 ribu per halaman tapi dengan embel-embel: Paper : A4, Margin : 1 Inch, Paragraph : Double, Font  : Courier New 12 Poin. Dengan pengaturan ini yang bisa 1 halaman bisa menjadi 3 halaman, Anda harus membayar lebih banyak.

Acuan Harga Penerjemah Terbaru 2018

Acuan harga terjemahan sebenarnya diatur oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia. Untuk tahun 2018 harga ini telah diatur sebagai berikut:

Harga ini ditetapkan sebagai patok harga anggaran dan digunakan oleh para penerjemah dalam menentukan harganya.

Memesan Jasa Penerjemah Tersumpah

Untuk menggunakan jasa penerjemah tersumpah, idealnya adalah Anda harus menyerahkan dokumennya secara langsung, namun sebagian besar penerjemah tersumpah yang menerima jasa penerjemahan secara online menerima dokumen dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui email setelah dokumen asli discan atau difoto dengan kamera beresolusi tinggi.

Langkah-Langkah Pemesanan:

Setelah menyepakati harga penerjemah tersumpah, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

1. Scan dokumen Anda menggunakan pemindai (scanner).

Jika tidak memiliki scanner, Anda bisa menggunakan layanan yang tersedia di bebrapa fotokopi atau jasa dokumen digital seperti Snapy atau jasa percetakan digital yang banyak terdapat di sekitar Anda terutama sekitar kampus. Gunakan setting output 300 pixel untuk hasil yang cukup baik agar terbaca. Atau jika menggunakan hp gunakan resolusi tinggi. Ambil foto secara menyeluruh. Ingat bahwa semua tulisa di dokumen Anda harus diterjemahkan. Jadi foto seluruh permukaan dokumen dan jangan sampai ada yang terpotong. Pastikan hasil scan sudah jelas dan terbaca oleh penerjemah. Tips: Berikan 2 versi versi penuh dan versi jarak dekat jika perlu.

Kirim Lewat WhatsApp Lewat HP

Opsi lain yang juga umum adalah memfoto dokumen menggunakan smartphone Anda dan mengirimkannya lewat WhatsApp si penyedia jasa penerjemah. Meski seringkali kualitasnya tidak begitu baik karena biasanya foto diperkecil ukurannya secara otomatis oleh Aplikasi WhatsApp, metode pengiriman ini biasanya juga lumrah. Namun mengingat pesan biasanya tenggelam dalam pesan-pesan lainnya pengiriman ini riskan terlewat. Pengiriman lewat email setelah discan masih merupakan pilihan terbaik.

2. Kirim kepada Penerjemah

Jika ukuran file nya besar, gunakan jasa penyimpan dokumen cloud seperti Google Drive atau Dropbox jadi Anda tidak perlu melampirkan file dalam email jika ukurannya besar. Cukup serahkan link dari file tersebut. Baca lebih lanjut penggunaannya dengan mencari informasinya di Internet.

3. Berikan Tenggat Waktu

Jika Anda memiliki tenggat, berikan tenggat waktu kapan terjemahan harus selesai. Setiap penerjemah memiliki tenggatnya sendiri-sendiri. Waktu pengerjaan normal sampai 5 halaman biasanya 2-3 hari. Selain itu tergantung kesibukan penerjemah lama waktu bisa lebih panjang. Pastikan Anda menyampaikannya secara jelas.

4. Periksa Kembali Hasil Terjemahan

Ada baiknya untuk menghindari kesalahan penerjemah mengirimkan draf kepada pengguna. Anda bisa memeriksa jika ada kesalahan ejaan atau terjemahan. Ini juga merupakan bentuk persetujuan Anda atas hasil akhir.

5. Dapatkan Salinan Kertas atau Digital (PDF)

Setelah selesai, terjemahan Anda biasanya akan berisi terjemahan dalam bahasa yang diinginkan, ada cap si penerjemah dan tanda tangan basahnya serta pernyataan penerjemah beserta data (telpon), alamat dan nomor SK pengangkatannya. Beberapa penerjemah biasanya memberikan 2 bentuk yaitu hardcopy (kertas) dan softcopy. Mintalah PDF jika perlu.

Baca Juga

Tips Info Mencari Jasa Penerjemah Tersumpah

Tips Memilih Penerjemah atau Jasa Terjemahan

Perbedaan Terjemahan Besertifikat dan Terjemahan Tersumpah serta Legalisasi Terjemahan

Bagaimana Menghitung Biaya Terjemahan?