terjemahan

Jasa Penerjemah Tersumpah Dokumen Perusahaan

Jasa Penerjemah Tersumpah Dokumen Perusahaan
By Canva

Jenis-Jenis Dokumen Perusahaan yang Memerlukan Penerjemah Tersumpah

Berikut beberapa jenis dokumen perusahaan yang pasti tersedia di setiap perusahaan dan pada umumnya memerlukan jasa penerjemah tersumpah dokumen perusahaan jika dokumen tersebut harus diterjemahkan untuk keperluan resmi, misalnya dalam pengadilan atau untuk keperluan legal lainnya.

Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan (“Undang-Undang Dokumen Perusahaan”) yaitu berdasarkan Pasal 1 angka 2 Undang-Undang Dokumen Perusahaan. Dokumen perusahaan adalah “data, catatan, dan/atau keterangan yang dibuat dan/atau diterima oleh perusahaan dalam rangka pelaksanaan kegiatannya, baik tertulis di atas kertas atau sarana lain maupun terekam dalam bentuk corak apapun yang dapat dilihat, dibaca, atau didengar (“Dokumen Perusahaan”).

UU ini hanya menggolongkan dokumen perusahaan ke dalam 1. Dokumen Keuangan dan 2. Dokumen Lainnya.

Namun secara praktis dan dalam kenyataan sehari-hari, Dokumen Perusahaan terdiri dari:

Email dan Memorandum

Karyawan di kantor biasanya memakai email untuk menyampaikan informasi kepada karyawan lainnya. Sebelum email populer seperti sekarang, memorandum atau memo sering digunakan untuk mengirim pesan antar sesama bagian di perusahaan. Memo masih digunakan dalam situasi ketika pesan digunakan sebagai pengantar dalam mengirimkan satu berkas tertentu dan dalam surat yang memerlukan lebih banyak privasi daripada email. Baik memo dan email sama-sama menyebut pengirim dan penerima dan berisi baris perihal. Teksnya diformat dalam satu atau dua paragraf.

Surat Bisnis

Surat bisnis digunakan untuk berkomunikasi dengan individu di luar kantor. Penerimanya dapat melibatkan pelanggan (customer), rekan sekerja di bagian lain, penyedia layanan (supplier), profesional yang memberi jasa bisnis, pejabat pemerintah, dan pelamar pekerjaan. Surat bisnis biasanya diformat dalam gaya blok, di mana semua unsur surat, kecuali kop, sejajar di kiri atau rata kiri. Surat ini bisa dikirim melalui email atau dikirim melalui pos biasa. Jika surat dikirim dalam bentuk teks dalam email, pengirim biasanya memasukkan namanya, gelar pekerjaan, dan informasi penghubungi di bagian bawah email.

Laporan Perusahaan/Bisnis/Usaha

Laporan perusahaan atau laporan bisnis menyampaikan informasi dalam format yang lebih formal dan biasanya lebih panjang daripada surat. Laporan ini mencakup berbagai macam topik, seperti misalnya kepatuhan keselamatan, angka-angka penjualan, laporan hasil survei, data keuangan, studi feasibility atau uji ketuntasan, dan rencana pemasaran. Laporan ini biasanya memasukkan statistik, grafik atau bagan, studi kasus, gambar, dan hasil survei. Beberapa laporan diterbitkan untuk keperluan investor atau pemegang saham. Jika laporan ini diterbitkan secara berkala, misalnya laporan penjualan, biasanya menggunakan template demi kemudahan dan kecepatan agar bisa dibandingkan dengan laporan di periode sebelumnya.

Dokumen Transaksi

Perusahaan memakai berbagai dokumen untuk bertransaksi bisnis dengan kliennya. Untuk menghemat waktu, dokumen-dokumen ini dapat dibuat formatnya dalam bentuk formulir, seperti formulir pemesanan (order form), halaman pengiriman, faktur atau tanda terima. Jenis-jenis dokumen transaksi digunakan berbeda-beda bergantung jenis usahanya. Agen asuransi, misalnya, menghasilkan dokumen aplikasi asuransi dan polis, sementara dokumen pemberian pinjaman memakai dokumen surat pinjaman utang dan hipotek atau kredit. Pada beberapa bidang usaha, perusahaan yang mengikatkan diri dalam perjanjian atau kontrak dengan pihak lain misalnya perjanjian penunjukan sebagai distributor atau agen, semua jenis dokumen ini biasanya memerlukan konsep yang dibuat oleh pengacara atau lawyer perusahaan atau dari bagian legal suatu perusahaan.

Dokumen Keuangan

Sebuah perusahaan biasanya menggunakan dokumen keuangan untuk memantau anggarannya menyiapkan proposal budget dan pengembalian atau pelaporan pajak. Dokumen-dokumen ini termasuk catatan tanda terima, laporan gaji, tagihan yang dibayar, laporan transaksi bank, laporan pendapatan, saldo, dan formulir pelaporan pajak (ppH, ppN). Dokumen-dokumen ini biasanya disiapkan oleh bagian akunting perusahaan. Pemilik atau Pemimpin Perusahaan biasanya memakai dokumen-dokumen seperti ini untuk menentukan keberhasilan perusahaan dari segi keuangan dan untuk mengidentifikasi bidang-bidang yang tidak produktif. Kepala bagian tertentu di perusahaan biasanya memakai dokumen keuangan untuk menyiapkan proposal budget. Untuk kasus Indonesia, dokumen jenis ini basaianya berupa neraca tahunan (annual financial statements), perhitungan laba rugi tahunan (annual profit and loss), rekening jurnal transaksi harian (daily recording of business transactions), atau setiap tulisan yang berisi keterangan mengenai hak dan kewajiban serta hal-hal lain yang berkaitan dengan kegiatan suatu perusahaan.

Link lain yang bermanfaat:

Jasa Translate, Layanan Terjemahan untuk Anda

Jasa Penerjemah Dokumen Perusahaan di Jakarta Selatan

Cara Menghitung Biaya Terjemahan dan Waktu Penyelesaiannya

Jasa Penerjemah Dokumen Perusahaan dari Indo Lingo

Bagi Anda yang memerlukan jasa penerjemah tersumpah dokumen perusahaan di atas. Silakan hubungi melalui jendela chat di sini atau WA (klik di bagian kiri jika Anda mengaktifkan WA Web atau di HP akan langsung terhubung di App WA Anda) atua kirim email/WA ke penerjemah@penerjemah-id.com atau 0811-174-261. Kami bernaung di bawah PT. Indo Lingua Translocalize. Perusahaan Jasa Penerjemah Tersumpah Dokumen Kantor dan Pelokalan untuk semua keperluan Anda.

Email Sekarang