jasa penerjemah · penerjemah · terjemahan

Jasa Penerjemah Dokumen PT INDO LINGUA TRANSLOCALIZE

Punya dokumen yang ingin diterjemahkan?

Banyak jenis dokumen tersedia saat ini yang digunakan perusahaan dan beberapa sering memerlukan jasa penerjemah dokumen untuk mengubahnya menjadi dokumen dalam bahasa asing.

Jasa Penerjemah Dokumen
By Canva

Jenis Dokumen Perusahaan yang Memerlukan Jasa Penerjemah Dokumen

Berikut beberapa jenis dokumen perusahaan yang pasti tersedia di setiap perusahaan dan pada umumnya memerlukan jasa penerjemah dokumen. Dokumen-dokumen tersebut harus diterjemahkan untuk keperluan resmi. Umumnya misalnya dalam pengadilan atau untuk keperluan legal lainnya.

Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan (“Undang-Undang Dokumen Perusahaan”). UU ini berdasarkan Pasal 1 angka 2 Undang-Undang Dokumen Perusahaan. Dokumen perusahaan adalah “data, catatan, dan/atau keterangan yang dibuat dan/atau diterima oleh perusahaan dalam rangka pelaksanaan kegiatannya, baik tertulis di atas kertas atau sarana lain maupun terekam dalam bentuk corak apapun yang dapat dilihat, dibaca, atau didengar (“Dokumen Perusahaan”).

UU ini hanya menggolongkan dokumen perusahaan ke dalam 1. Dokumen Keuangan dan 2. Dokumen Lainnya.

Namun secara praktis dan dalam kenyataan sehari-hari, Dokumen Perusahaan yang memerlukan jasa penerjemah dokumen terdiri dari:

Email dan Memorandum

Karyawan di kantor biasanya memakai email untuk menyampaikan informasi kepada karyawan lainnya. Sebelum email populer seperti sekarang, memorandum atau memo sering digunakan untuk mengirim pesan antar sesama bagian di perusahaan. Memo masih digunakan dalam situasi ketika pesan digunakan sebagai pengantar dalam mengirimkan satu berkas tertentu. Memo diberikan dalam bentuk surat memerlukan lebih banyak privasi daripada email. Baik memo dan email sama-sama menyebut pengirim dan penerima dan berisi baris perihal. Teksnya diformat dalam satu atau dua paragraf. Terjemahan email sering memerlukan jasa penerjemah dokumen terutama untuk keperluan pengadilan.

Surat Bisnis

Surat bisnis digunakan untuk berkomunikasi dengan individu di luar kantor. Penerimanya dapat melibatkan pelanggan (customer), rekan sekerja di bagian lain, penyedia layanan (supplier), profesional yang memberi jasa bisnis, pejabat pemerintah, dan pelamar pekerjaan. Surat bisnis biasanya diformat dalam gaya blok. Semua unsur surat, kecuali kop, sejajar di kiri atau rata kiri. Surat ini bisa dikirim melalui email atau dikirim melalui pos biasa. Jika surat dikirim dalam bentuk teks dalam email, pengirim biasanya memasukkan namanya, gelar pekerjaan, dan informasi penghubungi di bagian bawah email.

Laporan Perusahaan/Bisnis/Usaha

Laporan perusahaan atau laporan bisnis menyampaikan informasi dalam format yang lebih formal. Ini biasanya lebih panjang daripada surat. Laporan ini mencakup berbagai macam topik, seperti misalnya kepatuhan keselamatan, angka-angka penjualan, laporan hasil survei, data keuangan, studi feasibility atau uji ketuntasan, dan rencana pemasaran. Laporan ini biasanya memasukkan statistik, grafik atau bagan, studi kasus, gambar, dan hasil survei. Beberapa laporan diterbitkan untuk keperluan investor atau pemegang saham. Jika laporan ini diterbitkan secara berkala, misalnya laporan penjualan, biasanya menggunakan template demi kemudahan dan kecepatan agar bisa dibandingkan dengan laporan di periode sebelumnya. Dapatkan jasa penerjemah dokumen jika laporan perusahaan Anda memerlukan penerjemahan ke berbagai bahasa asing.

Dokumen Transaksi

Perusahaan memakai berbagai dokumen yang sering memerlukan jasa penerjemah untuk bertransaksi bisnis dengan kliennya. Untuk menghemat waktu, dokumen-dokumen ini dapat dibuat formatnya dalam bentuk formulir, seperti formulir pemesanan (order form), halaman pengiriman, faktur atau tanda terima. Jenis-jenis dokumen transaksi digunakan berbeda-beda bergantung jenis usahanya. Agen asuransi, misalnya, menghasilkan dokumen aplikasi asuransi dan polis, sementara dokumen pemberian pinjaman memakai dokumen surat pinjaman utang dan hipotek atau kredit. Pada beberapa bidang usaha, perusahaan yang mengikatkan diri dalam perjanjian atau kontrak dengan pihak lain. Misalnya perjanjian penunjukan sebagai distributor atau agen. Semua jenis dokumen ini biasanya memerlukan konsep yang dibuat oleh pengacara atau lawyer perusahaan atau dari bagian legal suatu perusahaan. Penerjemah tersumpah diperlukan untuk menyediakan jasa penerjemah dokumen.

Dokumen Keuangan

Sebuah perusahaan biasanya menggunakan dokumen keuangan untuk memantau anggarannya menyiapkan proposal budget dan pengembalian atau pelaporan pajak. Dokumen-dokumen ini termasuk catatan tanda terima, laporan gaji, tagihan yang dibayar, laporan transaksi bank, laporan pendapatan, saldo, dan formulir pelaporan pajak (ppH, ppN). Dokumen-dokumen ini biasanya disiapkan oleh bagian akunting perusahaan. Pemilik atau Pemimpin Perusahaan biasanya memakai dokumen-dokumen seperti ini untuk menentukan keberhasilan perusahaan dari segi keuangan dan untuk mengidentifikasi bidang-bidang yang tidak produktif. Kepala bagian tertentu di perusahaan biasanya memakai dokumen keuangan untuk menyiapkan proposal budget.

Contoh Dokumen Terjemahan

Untuk kasus Indonesia, dokumen jenis ini bisanya berupa neraca tahunan (annual financial statements), perhitungan laba rugi tahunan (annual profit and loss), rekening jurnal transaksi harian (daily recording of business transactions), atau setiap tulisan yang berisi keterangan mengenai hak dan kewajiban serta hal-hal lain yang berkaitan dengan kegiatan suatu perusahaan. Jika Anda membutuhkan jasa penerjemah untuk semua keperluan di kantor Anda silakan hubungi kami PT Indo Lingua Translocalize, penyedia jasa penerjemah  resmi,

Link lain yang bermanfaat tentang mencari jasa penerjemah:

Jasa Penerjemah Dokumen Akta

Jasa Penerjemah Dokumen Kartu Keluarga

Jasa Penerjemah Dokumen Ijazah

Penerjemah Dokumen Perusahaan dari Indo Lingo

Bagi Anda yang memerlukan penerjemah dokumen perusahaan di atas. Silakan hubungi melalui jendela chat di sini atau WA (klik di bagian kiri jika Anda mengaktifkan WA Web atau di HP akan langsung terhubung di App WA Anda) atau kirim email/WA ke [email protected] atau 0811-174-261. Kami bernaung di bawah PT. Indo Lingua Translocalize. Perusahaan Jasa Penerjemah Dokumen Tersumpah dan Pelokalan untuk semua keperluan Anda.

Untuk segala keperluan Penerjemah Dokumen Anda. Silakan chat dengan kami di jendela kanan halaman ini.

Jasa penerjemah dokumen kami mencakup berbagai jenis tipe dokumen termasuk dokumen medis, paten, CV, laporan laba rugi, sertifikat, akta, rencana, prospektus, dan dokumen asuransi. Setiap dokumen yang memerlukan jasa penerjemah akan melalui proses kualitas yang terbaik dengan penggunaan software CAT Tools sehingga dapat memenuhi kebutuhan Anda akan jasa penerjemah dokumen tepercaya.

Hubungi kami untuk memenuhi kebutuhan penerjemahan dokumen Anda di Jakarta sekarang.

Bagaimana bahwa saya mengetahui penyedia jasa penerjemah dokumen sesuai kebutuhan saya?

Jelaskan dokumen Anda (jumlah halaman) dan topiknya sebelum menanyakan harga. Selain itu apakah Anda memerlukannya segera? Jenis dokumen yang segera dibutuhkan dan tipe dokumen akan menentukan harga dokumen yang Anda butuhkan terjemahannya.

Alamat Perusahaan Penyedia Jasa Terjemahan:

Jl. Asem Dua No. 10 F, Ruko Tamarin Lantai 3, Cipete Selatan, Cilandak, RT.4/RW.4, Cipete Selatan, RT.4, RT.4/RW.4, Cipete Sel., Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410 Telepon: (021) 29512841

Info Lain:

Jasa Penerjemah Bahasa Inggris ke Indonesia

Tinggalkan Balasan