jasa penerjemah · jasa penerjemah tersumpah · penerjemah · penerjemah akta · sworn translator · sworn translator jakarta · terjemahan

Jasa Penerjemah Akta Kelahiran

 

Jasa Penerjemah Tersumpah Akte Lahir

Jika Anda membutuhkan jasa penerjemah akta kelahiran berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui dahulu. Apakah itu Akta lahir? Akta lahir adalah bukti yang sah/valid mengenai status serta peristiwa kelahiran seseorang yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DISDUKCAPIIL).

Akta kelahiran seringkali digunakan sebagai dokumen dasar untuk menentukan kelahiran seseorang untuk data-data dasar lainnya. Misalnya di Kartu Keluarga, Bank, Pajak, Paspor, Ijazah, dan dokumen-dokumen resmi lainnya. Akta kelahiran sering menjadi rujukan utama.

Namun pernahkah Anda memperhatikan bahwa ada beberapa jenis akta kelahiran? Termasuk ke dalam manakah akta kelahiran Anda? Silakan lihat informasi berikut dan info tentang terjemahan akte kelahiran bahasa Inggris.

Akta Lahir

Akta lahir adalah dokumen atau surat keterangan yang biasanya diisi oleh pejabat yang berwenang setelah seorang bayi lahir. Akta Kelahiran juga bisa diartikan sebagai suatu dokumen resmi yang dibuat dan diterbitkan oleh otoritas berwenang untuk digunakan sebagai catatan kelahiran bayi yang baru lahir. Ini adalah dokumen penting yang dapat membantu seseorang dalam berbagai situasi.

Akta lahir adalah dokumen yang menguraikan data dasar seseorang misalnya nama dari bayi yang baru lahir atau orang, nama orang tua, jenis kelahiran, tanggal lahir serta diantaranya data tentang agama.

Dokumen ini sangat penting dan dapat di saat-saat tertentu  merupakan suatu keharusan. Berikut adalah beberapa hal yang merupakan manfaat dari akta lahir;

Manfaat Akta Lahir

  • Saat anak masuk ke sekolah.
  • Saat mengajukan permohonan untuk memperoleh KTP atau tanda pengenal lainnya
  • Persyaratan wajib saat mengajukan permohonan memperoleh paspor atau dokumen legal lainnya

Akta lahir juga dapat digunakan oleh pejabat pemerintah tertentu untuk memelihara catatan kelahiran untuk suatu kawasan atau wilayah tertentu selama suatu jangka waktu. Pihak pemerintah yang berwenang ini (biasanya Kantor Catatan Sipil atau Kependudukan) harus menerbitkan akta lahir setelah ada konfirmasi mengenai data individu individu tertentu. Ini termasuk informasi nama, tempat lahir, nama orang tua serta formalitas lain untuk memastikan asal usul dari seseorang. Anda dapat memanfaatkan beberapa template akta lahir untuk membuat akta lahir khusus dengan tampilan dan nuansa tertentu..

Surat Keterangan Lahir

Lalu apa itu surat keterangan lahir? Surat keterangan lahir adalah untuk situasi yang berbeda di mana si bayi lahir di suatu pusat kesehatan atau bidan seperti rumah sakit. Di mana lembaga itu akan menyerahkan catatan asli kelahiran si bayi yang juga berisi detail dari kelahiran suatu bayi untuk diserahkan kepada kantor resmi yang akan menerbitkan akta lahir. Mintalah surat keterangan lahir ini di instituti stempat anak Anda lahir untuk memperoleh surat keterangan yang selanjutnya digunakan sebagai referensi untuk pembuatan akta lahir.

JENIS-JENIS AKTA KELAHIRAN:

Akta Kelahiran Umum adalah akta kelahiran yang diperoleh sebelum batas waktu pelaporan peristiwa kelahiran. Batas waktu pelaporan yang disyaratkan adalah 60 (enampuluh) hari kerja sejak peristiwa kelahiran terjadi, kecuali untuk Warga Negara Asing, batas waktunya adalah 10 (sepuluh) hari kerja sejak peristiwa kelahiran.
Akta Kelahiran Istimewa (Massal) adalah akta yang diterbitkan secara khusus untuk orang-orang yang sejak dulunya telah diwajibkan membuat Akta-Akta Catatan Sipil. namun pencatatannya terlambat (yaitu telah melewati batas waktu yang ditentukan). Ini mencakup Warga Negara Indonesia keturunan Asing (Kecuali keturunan India dan Arab) dan Warga Negara Asing.  Cara penerbitan Akta Kelahirannya harus melalui sidang Pengadilan Negeri.  Berdasarkan penetapan Pengadilan Negeri tersebut maka diterbitkanlah Akta Kelahiran Istimewa oleh kantor Catatan Sipil.
Akta Kelahiran Dispensasi/Istimewa adalah akta Kelahiran yang diperoleh melalui dispensasi/pengecualian dari Menteri Dalam Negeri yaitu penyelesaian Akta Kelahiran yang terlambat bagi Orang-Orang Indonesia Asli yang lahir dan belum memiliki Akta Kelahiran sampai batas waktu 31 Desember 1985.

Tentang Akta Lahir Dua Bahasa

Bagi Anda atau keluarga yang telah lahir setelah tahun 2006 terdapat pengaturan berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 sebagaimana telah diubah dalam UU No. 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan. UU ini menyatakan bahwa akte lahir harus berlaku universal dan perlu dituangkan dalam 2 (dua) bahasa. Sehingga untuk yang lahir sesudah tahun 2007, akta lahirnya sudah dalam bahasa Inggris sehingga terjemahan akta lahir tidak diperlukan (dwi bahasa). Jadi Anda TIDAK PERLU MENERJEMAHKAN AKTA KELAHIRAN YANG SUDAH DUA BAHASA.

Tentang Jasa Translate Akte Kelahiran

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri atau bekerja keluar negeri (Terutama bagi TKI) biasanya diminta untuk menerjemahkan akta lahir Anda selain juga Kartu Keluarga. Selain itu bagi mereka yang akan mengikuti beasiswa atau bersekolah ke luar negeri, akta kelahiran juga sering diminta untuk diterjemahkan bersama terjemahan ijazah dan transkrip akademik. Mengingat dokumen ini adalah dokumen resmi, penerjemahannya harus dilakukan oleh penerjemah tersumpah. Ini karena keabsahan datanya diperlukan agar tidak terjadi penyimpangan. Dapatkan akte kelahiran dalam bahasa Inggris dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah tepercaya yang memiliki alamat jelas dan tidak sekedar website saja yang memberikan alamat email bukan gratisan (gmail/yahoo).

Translate Akta Kelahiran untuk Visa

Bagi Anda yang memerlukan translate akta kelahiran untuk visa, sebagian besar negara Schengen atau UK mewajibkan pelamar visa untuk mengajukan visa. Akta kelahiran adalah salah satu dari syarat lain utama dalam pengajuan visa yaitu KK dan KTP serta surat nikah (untuk UK). Silakan hubungi kami untuk mendapatkan jasa ini.

Jika Anda memerlukan translate akte kelahiran oleh penerjemah tersumpah atau sworn translator, silakan hubungi jasa penerjemah akta kelahiran dengan menghubungi penulis di [email protected] atau hubungi melalui Telp/WA di 0811-174-361. Atau hubungi Customer Service melalui jasa chat pada halaman ini untuk translate akta kelahiran ke bahasa Inggris.

Contoh Akte Kelahiran (Dua Bahasa)

Berikut adalah contoh akte kelahiran yang saat ini berlaku dan tidak memerlukan jasa translate akte lahir karena sudah dua bahasa.

jasa penerjemah akta lahir

Dalam contoh akte kelahiran di atas yang ditemukan dari web di atas, kita lihat meski sudah dalam bahasa Inggris, ada beberapa bagian yang tidak diterjemahkan terutama di bagian bawah. Selain itu ada pula catatan pinggir. Oleh karena itu untuk memastikan keabsahannya terkadang perlu diterjemahkan. Untuk menerjemahkannya memerlukan jasa penerjemah akta kelahiran (tersumpah).

Jasa Penerjemah Akta Kelahiran

Jika Anda memerlukan jasa penerjemah tersumpah Akta Lahir atau ingin memperoleh akte kelahiran bahasa Inggris. Anda dapat menghubungi [email protected] atau WhatsApp di 0811-174-361

Contoh Terjemahan Akta Kelahiran Bahasa Inggris

Berikut adalah contoh terjemahan akta kelahiran dalam bahasa Inggris.

terjemahan akta kelahiran bahasa inggris

Informasi Lebih Lanjut Tentang Penerjemah Tersumpah

Terjemahan Akta Lahir Anak yang Lahir di Luar Negeri

Penerjemah SKCK Tersumpah

Cara Membuat Akta Kelahiran

Tinggalkan Balasan