jasa penerjemah tersumpah · penerjemah · penerjemah indonesia · penerjemah online · penerjemah tersumpah · terjemahan

Terjemahan Resmi Pancasila, Tanggung Jawab Siapa?

Beberapa saat yang lalu Walikota Bandung pernah mengusulkan agar pemerintah membuat terjemahan resmi Pancasila ke dalam bahasa Inggris. Pertanyaan yang kemudian timbul adalah apa definisi “resmi” yang dimaksud oleh Kang Emil ini.

Seperti kita tahu, kata resmi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah “sah (dr pemerintah atau dr yg berwajib); ditetapkan (diumumkan, disahkan) oleh pemerintah atau instansi yang bersangkutan”. Berdasarkan definisi ini kemudian timbul pertanyaan siapa lembaga pemerintah yang akan melakukannya dan atas dasar apa?

Kang Emil lebih lanjut menyatakan bahwa dasar usulannya adalah bahwa hal tersebut adalah untuk memperkenalkan Pancasila kepada masyarakat dunia seperti yang pernah diungkapkan oleh Bung Karno yang menerjemahkan dengan sederhana, believe in God, humanity, nationalism, democracy, dan social justice,”

Bung Karno memang pernah menjelaskan dalam arti kata yang sederhana dan singkat saat beliau berbicara dalam pidato di depan Kongres tahun 1956 saat beliau berkunjung ke Amerika Serikat. Di situ Presiden Sukarno menjelaskan Pancasila sebagai “The Five Guiding Principles of Our National Life” yaitu . 1. Believe in God, 2. Humanity, 3. Nationalism, 4. Democracy, 5. Social Justice.

Video saat beliau menyatakan hal ini bisa dilihat di bawah ini

Kembali ke definisi resmi di awal tulisan, saat ini memang pemerintah tidak pernah mengeluarkan produk hukum apa pun yang terkait dengan Pancasila, namun dengan adanya wacana dan sebentar lagi akan ditetapkannya tanggal 1 Juni sebagai Hari Pancasila yang nantinya akan dikeluarkan Peraturan Presiden, layak kiranya himbauan dari Kang Emil ini ditindaklanjuti oleh Sekretariat Negara sebagai lembaga resmi yang akan menerbitkan Peraturan Presiden ini nantinya sehingga ketika Peraturan ini resmi dikeluarkan, versi bahasa Inggrisnya yang resmi bisa juga diterbitkan, sehingga harapan untuk mensosialisasikan Pancasila lebih luas lagi kepada masyarakat dan kalangan muda serta masyarakat luar negeri seperti harapan Kang Emil bisa terwujud.

Seperti yang kita ketahui juga terjemahan yang beredar saat ini bersifat tidak resmi, kita bisa menemukan terjemahan Pancasila dalam bahasa Inggris di salah satu situs Wikipedia yaitu di https://en.wikipedia.org/wiki/Pancasila_(politics). Di halaman ini Pancasila diterjemahkan sebagai berikut.

  1. Belief in the one and only God (Ketuhanan Yang Maha Esa).
  2. Just and civilised humanity (Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab).
  3. The unity of Indonesia (Persatuan Indonesia).
  4. Democracy guided by the inner wisdom in the unanimity arising out of deliberations amongst representatives (Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan, Dalam Permusyawaratan Perwakilan).
  5. Social justice for all of the people of Indonesia (in Indonesian, Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia).

Mengapa Sekertariat Negara? Selain karena Peraturan Presiden mengenai penetapan hari libur ini nantinya memang akan digodok oleh Sekertariat Negara, mereka memiliki jabatan khusus fungsional penerjemah, Anda bisa menemukan situs webnya di sini: http://penerjemah.setneg.go.id/. Di situ sini kita bisa melihat bahwa harapan akan menerbitkan terjemahan Pancasila secara resmi bisa mereka wujudkan. Akan sangat membantu jika nantinya akan ada situs web khusus tentang Pancasila yang diterbitkan oleh Setneg yang berisi informasi dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dan diperbarui untuk memperkenalkan dan menanamkan Pancasila kembali ke seluruh sendi bernegara di Indonesia.

Jika lembaga Sekretariat Negara dan khususnya mereka yang memegang jabatan penerjemah adalah pihak resmi penerjemah negara, termasuk juga penerjemah lisan atau interpreter? Untuk umum, siapakah yang bertugas menerjemahkan dokumen atau teks bagi masyarakat umum? Tugas ini jatuh pada Penerjemah Tersumpah. Siapakah Penerjemah Tersumpah itu? Beberapa artikel berikut akan membantu Anda.

http://penerjemah-id.com/2016/04/13/apa-itu-penerjemah-tersumpah-atau-juru-bahasa-tersumpah


Penulis adalah penyedia jasa penerjemah tersumpah online yang dapat dihubungi di penerjemah@penerjemah-id.com atau WhatsApp 0811-174-361