Rupa-Rupa

Menikmati Musik Sepuasnya dengan Spotify yang Telah Dilokalkan

Bagikan ke Jejaring Sosial Favoritmu
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

by penerjemah-id.com

Aspek Pelokalan Spotify

Salah satu produk global kembali masuk ke pasar lokal dengan versi pelokalan atau versi yang telah diterjemahkan dan disesuaikan dengan kondisi lokal. Ya Spotify hadir di Indonesia! Kini setelah Apple Music hadir cara baru untuk menikmati musik (gratis) di PC atau di perangkat mobile seperti iPhone atau Android.

Semakin bertambahnya kelas menengah di Indonesia menarik berbagai penyedia hiburan Indonesia untuk turut dalam kancah permusikan di Indonesia.

Kesempatan ini sekaligus menjadi peluang bagi para pemusik indonesia untuk memasarkan karya-karyanya di media baru ini.

Untuk masuk ke pasar lokal, Spotify pun telah melalui proses localization atau pelokalan bahasa (bukan lokalisasi lho?!) yaitu melalui proses terjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Apakah hanya terjemahan saja? Pelokalan Bahasa tidak hanya mencakup penerjemahan dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia oleh penerjemah bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia saja. Proses pelokalan bahasa berbeda dengan aktivitas penerjemahan karena melibatkan proses yang menyeluruh terhadap budaya sasaran sehingga dapat beradaptasi dengan tepat dengan budaya lokal. Proses pelokalan pada umumnya terkait dengan adaptasi budaya dan penerjemahan perangkat lunak, game video, dan situs web, serta audio/dan sulih suara, video atau konten multimedia lainnya, serta beberapa terjemahan tertulis yang lebih sedikit (yang juga mungkin melibatkan proses adaptasi).

Yang terlihat dari pelokalan Spotify ini ada beberapa istilah yang tidak diterjemahkan, diantaranya adalah Playlist, Playback, Track, dan File. Kata-kata ini sebenarnya sudah memiliki padanan katanya dalam terjemahan bahasa Indonesia. Playlist seringkali diterjemahkan sebagai Daftar Putar, Playback adalah Pemutaran Ulang, Track sebagai Trek, dan File sebagai berkas. Namun editor atau tim pelokalan perangkat lunak ini memutuskan untuk membiarkannya tetap dalam bahasa Inggris karena satu dan lain hal. Masalah panjang kata mungkin menjadi pertimbangan. Kata Daftar Putar sebagai terjemahan dari Playlist memiliki 4 (empat) karakter lebih panjang dari Playlist yang akan memberi masalah jika harus ditampilkan dalam menu, demilian pula dengan Pemutaran Ulang untuk Playback yang memiliki 8 karakter lebih panjang. Selain itu bagi pengguna Spotify Indonesia, tampaknya kata-kata ini dianggap sebagai kata yang sudah tidak asing lagi sehingga keharusannya melokalkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi tidak perlu.

Satu hal lagi dari segi pelokalan, adalah penggunaan gaya bahasa informal yang menggunakan kata-kata mu, kamu, kau, seperti misalnya dalam kata Akunmu. Ini mungkin disengaja mengingat sasaran pemakai Spotify adalah anak mudah 15-40 tahun yang biasa berbicara informal dan tidak terlalu suka dengan gaya bahasa baku.

Secara umum hasil pelokalannya cukup baik, namun tampaknya saat tulisan ini dibuat, belum semua bagian dari Spotify telah diterjemahkan yang sayangnya untuk pasar Indonesia yang terkenal “Suka Membajak” aspek terjemahan atau pelokalan sisi Legal seharusnya diutamakan oleh penulisnya.

Spotify Legal


 

Tentang Spotify

Spotify pertama kali lahir di Swedia dan menyediakan layanan streaming music, podcast, dan video yang berisi konten dari label music (perusahaan rekaman) dan musik. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Dengan Spotify Anda bisa mencari semua lagu yang ingin didengarkan baik lawas maupun anyar dengan mengetikkan kata kunci lagu, pengarang, atau album. Anda juga bisa membuat playlist yang berisi lagu-lagu pilihan favorit Anda dan playlist ini bisa Anda bagikan ke teman-teman atau menjadi semacam “channel” yang bila disukai isinya akan di-follow oleh banyak orang.

Anda pencinta dangdut? Jangan khawatir, Spotify punya koleksi lagu-lagu dangdut seperti Meggi Z

Album Meggi Z di Spotify Indonesia

Semua lagu yang Anda masukan dalam playlist atau Anda masukkan dalam antrean lagu bisa diunduh ke komputer atau iPhone/Android Anda (terutama versi yang berbayar).

Musik yang didwonload ke PC telah dienkripsi sehingga tidak akan pernah bisa dicari dan didownload atau disebarkan sembarangan.

Spotify bisa Anda coba dengan gratis dan bagi yang upgrade ke premium bisa mencoba 1 bulan gratis (promo Maret 2016).

Selain itu dengan 75.000/rb per bulan Anda bisa mengajak anggota keluarga dan menikmati musik sepuasnya sekaligus menyumbang bagi para penyanyi dan artis Indonesia.

Menu Berbayar Spotify

Berikut tayangan video (sorry for poor sound quality). Untuk mengetahui cara memakai Spotify. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati.