jasa penerjemah tersumpah · penerjemah · penerjemah indonesia · penerjemah tersumpah · terjemahan

Mencari Penyedia Jasa Penerjemah Tersumpah di Indonesia

penerjemah tersumpah di
Penerjemah Tersumpah di Indonesia

Berdasarkan hasil riset kecil-kecilan ternyata banyak sekali pencarian di Google yang membutuhkan jasa penerjemah tersumpah yang berlokasi di luar Jakarta. Beberapa kota itu diantaranya Bandung, Surabaya, Medan, Banda Aceh, Makassar, Palembang, Purwokerto, Samarinda, Jogja, Batam, Semarang, dan Malang adalah beberapa diantaranya. Selain itu ada beberapa pula yang berasal dari kota-kota sekitar Jakarta Seperti Tangerang (Serpong, Bintaro, Tangerang Selatan), Bekasi, Bogor atau Depok.

Penerjemah Tersumpah yang memperoleh sertifikasinya dari Gubernur KDH Tk. I Jakarta dan ber-KTP Jakarta dan Sekitarnya memang hanya ada di Jakarta. Banyaknya penerjemah tersumpah Jakarta ini dikarenakan memang di masa lalu pelaksana ujian menjadi penerjemah tersumpah dilakukan di Jakarta dan hanya pemerintah DKI Jakarta saja bekerja sama dengan Pusat Bahasa UI yang melaksanakannya. Jadi tidak heran jika memang mencari penerjemah tersumpah di Jakarta memang paling tepat dilakukan.

Saya berlokasi di luar Jakarta, saya ingin menerjemahkan beberapa dokumen ijazah dan dokumen resmi ke dalam bahasa Inggris tapi di kota saya tidak ada? Dari hasil pencarian di internet ternyata penerjemah bahasa inggris tersumpah di jakarta yang paling banyak. Di mana saya bisa mencari penerjemah tersumpah di kota saya? Jika dari hasil penelusuran google Anda menemukan penerjemah yang berada di kota Anda, tentu ini menguntungkan. Biasanya penerjemah tersumpah tersebut dulunya mungkin pernah di Jakarta atau memiliki KTP Jakarta dan telah lulus ujian penerjemah tersumpah lalu kemudian kembali ke kota Anda. Namun jika tidak ada, bagaimana?

Anda sebenarnya tidak memerlukan penerjemah tersumpah yang tinggal sekota. Mereka dapat dihubungi melalui telepon atau aplikasi pesan WhatsApp, mengirim dokumen lewat email, dan memperoleh hasilnya dengan jasa pengiriman pos sehari sampai.

Dokumen yang harus diterjemahkan dapat Anda foto menggunakan ponsel lalu dikirimkan. Jika sempat Anda bisa mencari di Google “mobile scanner” lalu menginstallnya di ponsel Anda untuk mengubah hasil foto tadi menjadi bentuk PDF yang bisa dibaca dan mengirimkan hasilnya kepada penerjemah. Tanyakan kepada penerjemah apakah mereka bisa membaca hasilnya  untuk memastikan. Setelah bernegosiasi harga dan tenggat, Anda bisa tinggal menunggunya di kota Anda dengan layanan pos, tiki atau JNE yang bisa sampai di kota Anda dalam waktu 1 hari. Atau bagi yang ada di Jakarta, Jasa Go-Jek atau Grab juga bisa Anda gunakan.

penerjemah tersumpah go-jek di jakarta bogor
Sumber: http://www.lautanindonesia.com

Mudah bukan?

Anda berada di luar negeri? Periksa apakah lembaga atau orang yang akan menggunakan hasil terjemahan bisa menerima hasil scan atau tanda tangan digital.

Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk pos internasional jika memang hasil terjemahan dalam bentuk digital bisa diterima.

Jadi di mana pun Anda berada, jangan khawatir, Anda tidak perlu lagi mencari-cari atau mendatangi alamat penerjemah tersumpah. Gunakan ketersediaan teknologi dan layanan yang ada untuk memudahkan kebutuhan. Dunia ada di ujung jari Anda.

=========

Penulis adalah penerjemah tersumpah atau bersumpah untuk pasangan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan juga dari bahasa Indonesia ke Inggris yang telah memperoleh Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 1765/2006, juga merupakan Penerjemah Besertifikat dari HPI – Himpunan Penerjemah Indonesia, Anggota ATA – American Translators Association. Untuk informasi lebih lanjut hubungi penulis di [email protected] dan [email protected] atau HP/WhatsApp di 0811-174-361.

 

 

 

Tinggalkan Balasan