penerjemah · penerjemah online · Software · terjemahan · translation · translator

Software Alat Bantu Penerjemahan (1) Kamus Bahasa Indonesia-Inggris

Anda suka menerjemahkan sendiri baik itu karena hobi atau karena tugas-tugas sehari-hari di kantor atau di kampus? Atau mungkin memulai profesi sebagai penerjemah? Proses penerjemahan di era modern ini, entah itu berbasis PC atau Mac, tidak terlepas dari penggunaan komputer. Efisiensi dan kemampuan komputer kita ketahui kini sudah melebihi dari sekadar mesin tik atau pengolah kata. Pengerjaan terjemahan memang tidak terlepas dari perangkat lunak pengolah kata, namun selama proses pengerjaan terjemahan, kita akan selalu membutuhkan banyak perangkat lunak lain yang membantu mempercepat proses penerjemahan secara online.

Berikut beberapa perangkat lunak yang dapat Anda unduh secara gratis untuk membantu Anda selama menerjemahkan. Perangkat lunak ini adalah kamus yang bisa digunakan oleh penerjemah, atau kamus yang membantu Anda dalam melakukan terjemahan. Silakan klik pada namanya untuk mengunduh/men-download. 

Untuk Windows

Kamus KBBI Offline – Dibuat oleh Bapak Ebta Setiawan. KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indoesia sangat diperlukan untuk membantu memperkaya kosa kata bahasa Indonesia yang diperlukan seorang penerjemah. Referensi ejaan yang benar dapat dimasukkan dengan mudah dalam program ini. Edisi yang digunakan adalah KBBI edisi Kedua. Sementara Edisi Cetak sudah hadir Edisi Keempat dan Kelima konon hadir di tahun 2016.
KBBI Kamus Bahasa Indonesia

(Foto diambil dari tangkapan layar sofware di atas oleh penulis)

Kamus 2.04 – juga buatan dari Ebta Setiawan. Tidak jelas darimana sumbernya diambil namun cukup bermanfaat untuk menambah referensi saat menerjemahkan.Kamus 2.04 Ebta

(Foto diambil dari tangkapan layar sofware di atas oleh penulis)

WordWeb – Kamus gratis Inggris-Inggris yang tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk versi berbayar Anda bisa menyertakan berbagai kamus Oxford dll.

Babylon – Seperti halnya WordWeb, aplikasi kamus ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Tersedia pula beberapa kamus gratis yang bisa di-download untuk menambah kamus yang Anda.

Google Translate – Selain menerjemahkan kalimat dalam bentuk panjang yang saya akui semakin membaik karena keterlibatan banyak pihak yang memberikan masukan. Aplikasi berbasis online ini juga menyediakan arti kata jika kita memasukkan kata per kata. Google juga bahkan menyediakan sinonimnya di sini.

Semoga tautan ini membantu Anda. Saya akan lanjutkan tulisan saya mengenai software alat bantu penerjemahan atau terjemahan ini di tulisan lain yang akan memfokuskan pada Computer-Aided Translation Tool atau CAT Tools.

 

==============Penulis adalah penerjemah tersumpah atau bersumpah untuk pasangan Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia yang telah memperoleh Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 1765/2006, juga merupakan Penerjemah Besertifikat dari HPI – Himpunan Penerjemah Indonesia, Anggota ATA – American Translators Association. Untuk informasi lebih lanjut hubungi penulis di translator@translation.co.id atau HP/WhatsApp di 0811-174-361. Cakupan layanan di seluruh Indonesia.