BAP kepolisian · penerjemah · penerjemah indonesia · penerjemah tersumpah · sworn translator

Apa Itu Penerjemah Tersumpah atau Sworn Translator?

Apa itu penerjemah tersumpah?

Jika ini adalah pertama kalinya Anda mendengar istilah ini, pertanyaan ini sering sekali muncul. Siapa yang menyumpah? Apa mereka penerjemah resmi? Jika Anda ingin mengetahui pengertian penerjemah tersumpah silakan baca artikel berikut. Secara bahasa, istilah yang benar adalah penerjemah bersumpah. Namun banyak masyarakat yang masih salah mengejanya dengan penterjemah tersumpah, penerjemah tersumpah. Selain salah menjelaskan artinya, banyak yang menyangka bahwa penerjamah tersumpah adalah translator yang suka disumpahin, dengan nada bercanda tentunya.

Arti Penerjemah Tersumpah

Secara definisi, untuk menjawab apa itu penerjemah tersumpah, penerjemah tersumpah adalah profesi penerjemah tertulis yang memiliki kualifikasi untuk menerjemahkan dokumen hukum yang telah melalui proses ujian sesuai dengan pasangan bahasa masing-masing mengerjakan dalam teks hukum. Penerjemah tersumpah adalah tulisan dan berbeda dengan lisan. Mereka menguasai pasangan bahasa tertentu dan pada umumnya pasangan bahasa yang umum adalah Indonesia – Inggris, dan Inggris Indonesia, namun ada pula pasangan bahasa-bahasa lainnya.

Biasanya pelaksanaan tes dilakukan oleh Pusat Bahasa UI dan bekerja sama dengan Pemda DKI. Mereka yang telah lulus akan diambil sumpahnya oleh Gubernur KDH Tk 1 DKI Jakarta. Dengan diambil sumpahnya, seorang translator tersumpah/bersumpah akan merahasiakan segala dokumen atau materi yang diterjemahkan baik lisan maupun lisan serta mengikuti segala etika yang berlaku. Untuk tahun 2023, penyumpahan dilakukan oleh Kemenkumham dan mereka biasanya tercatat di situs web Kemenkumham terutama Dirjen AHU.

Penerjemah tersumpah adalah penerjemah profesional yang telah disertifikasi oleh badan atau lembaga pemerintah untuk menyediakan terjemahan dokumen yang diakui secara hukum. Di banyak negara, penerjemah tersumpah diwajibkan untuk menyediakan terjemahan untuk dokumen resmi atau hukum, seperti akte kelahiran, surat nikah, dan dokumen pengadilan. Penerjemah tersumpah biasanya harus memiliki tingkat kemahiran yang tinggi dalam setidaknya dua bahasa dan lulus ujian sertifikasi agar diakui oleh pemerintah. Mereka mungkin juga diminta untuk mengikuti kursus pendidikan berkelanjutan untuk mempertahankan sertifikasi mereka.

Apa Itu Penerjemah Tersumpah
Pemberian Sertifikat Tersumpah Bersama Gubernur Sutiyoso dan Sertifikasi dari HPI

Penerjemah yang telah disumpah akan dapat menerjemahkan dan memberikan pernyataan dalam setiap dokumen yang diterjemahkan bahwa dokumen telah diterjemahkan dengan baik dan ini seringkali hanya dengan memberi cap pada hasil terjemahannya bahwa dokumen tersebut dikerjakan oleh seorang penyedia jasa translator tersumpah.

Klien atau pengguna yang memiliki atau memeriksa dokumen tersebut dapat merasa yakin bahwa dokumen tersebut telah dikerjakan oleh seseorang yang berkemampuan bahasa dan bahwa isi dokumen akan dirahasiakan oleh si penerjemah itu.

Translator tersumpah sering juga disebut sworn translator.

Penerjemah Tersumpah Lisan

Untuk penerjemahan lisan, masyarakat sering salah kaprah. Banyak yang menyangka bahwa istilah penerjemah atau penterjemah adalah sama untuk translator lisan maupun tulisan. Untuk translator lisan sering disebut juru bahasa atau interpreter, sedangkan penerjemahan tulisan sering disebut penerjemah saja atau translator.

Untuk interpreter atau penerjemahan lisan dibagi dua. Juru bahasa simultan atau simultaneous interpreter dan juru bahasa konsekutif atau consecutive interpreter. Apa bedanya antara juru bahasa simultan dan juru bahasa konsekutif ini?

jasa penerjemah tersumpah
Pengambilan Sumpah oleh Dirjen AHU Oktober 2023

Juru Bahasa

Juru bahasa simultan seperti yang terkandung dalam katanya menerjemahkan secara lisan dan seketika atau simultan setelah mendengar sumber bahasa yang diterjemahkan ke bahasa sasaran. Dalam kondisi biasa ini sulit karena otak harus berkonsentrasi antara mendengarkan sumber dan langsung menerjemahkan. Untuk mengatasinya biasanya harus menggunakan alat bantu SIS atau Simultaneous Interpreting Sistem atau Sistem Penjurubahasaan Simultan yaitu alat di mana juru bahasa mendengarkan dari pengeras suara menggunakan headset dan alat pemancar akan memancarkan suara terjemahan ke alat penerima yang biasanya dipakai pemirsanya, misalnya dalam acara konferensi atau seminar. Juru bahasa biasanya berada di dalam ruang kecil kedap suara atau booth agar tidak terganggu suara lain.

Juru bahasa konsekutif melakukan pekerjaannya dengan menerjemahkan tidak langsung. Juru bahasa mendengarkan beberapa kalimat lalu setelah itu akan menerjemahkannya ke bahasa sasaran sesudahnya. Juru bahasa konsekutif memerlukan keahlian mencatat dan mereka biasanya harus mempelajari note taking berupa kode atau simbol seperti steno.

Untuk apa itu penerjemah tersumpah atau bersumpah juga seringkali harus melakukan penjurubahasaan konsekutif di kepolisian. Biasanya jika klien harus melalui proses berita acara pemeriksaan (BAP) polisi karena satu kasus dan klien tidak bisa berbahasa Indonesia, maka ia harus ditemani oleh translator tersumpah yang akan menemani selama proses BAP atau attestation /atestasi tersebut. Setelah proses selesai, maka klien yang menjadi pelapor atau terlapor dalam BAP tersebut di akhir proses BAP akan menandatangani BAP tersebut.

Sebelum proses BAP dimulai, biasanya sertifikat Translator Tersumpahnya harus ditunjukkan beserta KTP kepada penyidik. Proses ini biasanya berlangsung di kantor polisi, untuk Jakarta umum dilakukan di Polda, Mabes Polri, atau kantor polisi setempat.

Pemesanan Jasa Translator Tersumpah

Klik Pemesanan untuk memesan. Semoga ini menjawab keingintahuan Anda tentang apa itu penerjemah tersumpah.

Pemesanan

Baca juga:

Penulis adalah penyedia jasa penerjemah tersumpah atau bersumpah untuk pasangan Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia yang telah memperoleh Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 1765/2006, Kemenkumham 2022 juga merupakan Translator Besertifikat dari HPI – Himpunan Penerjemah Indonesia, Anggota ATA – American Translators Association. Untuk informasi lebih lanjut hubungi penulis di [email protected] atau HP/WhatsApp di 0811-174-361 untuk mendapatkan jasa translator tersumpah.

Tinggalkan Balasan